Meriahnya Gelaran ke Lima Malang Flower Carnival

MALANG — Untuk ke lima kalinya, Malang Flower Carnival (MCF) kembali di gelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang. Bekerjasama dengan tata busana Universitas Negeri Malang, acara tahunan ini mengambil rute dari jalan Simpang Balapan menuju jalan Ijen dan berakhir di Museum Brawijaya.
Ida Ayu Made Wahyuni selaku kepala Disbudpar Kota Malang menjelaskan bahwa MFC merupakan salah satu karnval terbesar yang ada dan di Indonesia yang diselenggarakan secara rutin oleh Disbudpar Kota Malang, yang dimulai sejak tahun 2010.
“Dalam perhelatan MCF, peserta di bagi menjadi dua kategori yaitu kategori anak-anak yang diikuti oleh 40 orang peserta dan kategori umum yang diikuti 117 peserta dengan total peserta keseluruhan 157 orang peserta,” ucapnya di Malang, Minggu (23/08/2015).
Menurutnya, walaupun kostum yang dikenakan terkesan mewah dan glamor, namun kostum ini hanya di buat dari bahan-bahan limbah dan barang sisa pakai sehingga even ini juga merupakan even yang ramah lingkungan.
Ida mengatakan, MFC merupakan gabungan antara fashion, tari-tarian serta musik perkusi. Kegiatan tersbut sudah beberapa kali tampil pada event karnaval dunia, sehingga keberadaannya telah dikenal masyarakat dunia sekaligus telah mengharumkan nama Indonesia dan Kota Malang di level Internasional.
Prestasi yang telah berhasil diperoleh MCF antara lain pada tahun 2012 pernah mendapatkan penghargaan utama dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai penyelenggara even karnaval terbaik di Indonesia. Tahun 2014 menjadi wakil Indonesia di Moskow, Tokyo, Cina, Hongkong dan mendapat penghargaan The Best Perform dalam kategori karnaval dan seni tradisional. Selain acara MFC, juga akan di launching City Branding Kota Malang “Beautiful Malang“.
Sebelum peserta MFC di berangkatkan, acara di buka dengan tarian Malang gemilang dan tari Topeng. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari kepala Disbudpar dan juga Muhammad Anton sebagai Walikota Malang.
Setelah di berangkatkan, peserta mulai berjalan menuju jalan Ijen. Dengan gaun yang dirancang sedemikian rupa, para peserta terlihat cantik dan anggun mengenakannya. Selama perjalanan, para peserta MFC dengan senyum ramah melayani permintaan foto dari para warga yang sudah menantikan penampilan mereka dari tadi.
Acara MFC nampaknya memang selalu di nantikan oleh warga Malang, hal ini terbukti dari mebeludaknya warga Malang yang datang untuk menyaksikan Malang Flower Carnival. Namun begitu ada sedikit kekecewaan dari para warga yang sudah berjam-jam menunggu acara dimulai.
MINGGU, 23 Agustus 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...