Musik Keroncong Hibur Calon Penumpang Kereta Api di Stasiun Semarang

SEMARANG — Ada hal yang berbeda di salah satu stasiun terbesar di Indonesia, tepatnya stasiun kereta api Tawang Semarang, Jawa Tengah. Dari kejauhan terdengar alunan irama lagu – lagu ” Keroncong ” ciri khas budaya tanah air Indonesia.
Ketika sampai di tempat lokasi, terlihat para penumpang kereta api duduk manis di ruang tunggu yang disediakan oleh PT. KAI ( Persero ) DAOP IV Semarang. Ini merupakan salah bentuk pelayanan stasiun Tawang untuk menghibur penumpang sambil menunggu keberangkatan.
Walaupaun cuaca siang ini cukup panas, tapi penumpang terlihat santai menunggu kedatangan kereta api ke berbagai jurusan, mereka menikmati berbagai jenis lagu irama keroncong yang dinyanyikan oleh sebuah grup musik yang menamakan dirinya “Keroncong Music Gunung Jati” asli Semarang tersebut.
Dari pantauan Cendana News, beberapa lagu berirama keroncong dinyanyikan dengan merdu antara lain, lagu tema perjuangan seperti Sepasang Mata Bola dan Bandung Selatan, lagu keroncong nasional Rindu Malam dan Bandung Selatan, kemudian lagu mancanegara, salah satunya You Raise Me Up yang dipopulerkan pertama kali oleh Josh Groban.
Evita salah satu penumpang mengatakan, dirinya senang sekali dengan adanya hiburan irama musik keroncong di Stasiun Tawang.
“Dapat dijadikan obat capek ” Pegel Linu ” katanya sambil menunggu keberangkatan kereta api Argo Muria dari Semarang Tawang menuju Gambir Jakarta.
Evita melanjutkan, melestarikan lagu Keroncong seperti ini penting, apalagi momennya bertepatan dengan HUT Kemerdekaan Republik Indinesia Ke 70, yang dirayakan hari ini di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ), terangnya.
Mas Gunung, begitu nama panggilannya, sebagai salah satu penikmat musik Keroncong di Semrang menyebutkan, hiburan di ruang – ruang publik terbuka merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan dan melestarikan ragam kebudayaan Indonesia.
“Hiburan musik tradisional semacam ini, sebagai suatu cara untuk memperkenalkan kesenian aneka ragam kebudayaan asli Indonesia, sebagai suatu upaya untuk melestarikan musik keroncong seperti ini ” ujarnya.
Grup Musik Keroncong ” Gunung Jati ” ini setiap hari selalu menghibur penumpang di stasiun Tawang, tapi jika hari Minggu atau hari libur nasional lainya, grup pelestari musik keroncong ini juga bermain musik di Lawang Sewu, kawasan Tugu Muda Semarang.
Selain tampil di Semarang, jika ada permintaan khusus manggung di luar kota, grup musik ini bersedia tampil.
“Asalkan dikonfirmasi jauh – jauh hari sebelumnya,” demikian kata Hendi yang merupakan pimpinan grup musik keroncong Gunung Jati tersebut kepada Cendana News.
SENIN, 17 Agustus 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...