Naga Mekes Kaltim Berharap Tangan Dingin Jafri Sastra

PADANG — Jafri Sastra, mantan pelatih Semen Padang FC yang menghantarkan tim Kebanggaan Urang Awak itu ke perempat final Piala AFC 2013 dan juara Liga Primer Indonesia 2013. Di tahun 2014, pelatih berlisensi A AFC ini membawa tim berjuluk Kabau Sirah itu masuk ke babak delapan besar Liga Super Indonesia 2014.
Namun sayang, karena dua kompetisi pra musim tidak sesuai harapan manajemen. Ia harus berkemas dan meninggalkan mimpinya. Namun, karena bermain bola dan melatih sudah mendarah daging, seusai diputus kontrak ia kembali melatih anak-anak usia dini di Sekolah Sepak Bola (SSB) Tabing.
Hanya berbilang minggu, Liga Indonesia dihentikan. Semen Padang FC limbung, akhirnya bubar dan memilih tidak mengikuti kompetisi lainnya. Beda halnya dengan Jafri.  tim Mitra Kukar FC kepincut racikan strategi pelatih asal Kota Padang itu.
Ia kembali membawa koper dan merumput, namun bukan di ranah Minang, tapi di Kalimantan Timur (Kaltim) untuk mempersiapkan klub berjuluk Naga Mekes itu. Naga Mekes dijadwalkan berlaga di turnamen Piala Presiden yang akan berlangsung akhir bulan ini.
Saat dihubungi Cendana News, dia menyebutkan sedang berada di Kaltim sejak Sabtu (15/08/2015) untuk melatih Naga Mekes.
“Baru saja siap latihan, saya sudah disini sejak Sabtu. Alhamdulillah diberi amanah untuk melatih lagi,” ujar Jafri yang tengah dalam perjalanan pulang dari tempat latihan, saat dihubungi Cendana News pada Rabu (19/8/2015).
Jafri mengaku harus memutar otak dan berusaha lebih keras. Pasalnya waktu latihan dan mempersiapkan tim hanya tinggal sepuluh hari ke depan, ia menjelaskan bahwa program latihan akan fokus adaptasi, komunikasi antar pemain, aspek psikologis dan pengembalian fisik pemain.
“Banyak yang sudah lama libur, tentunya komunikasi antar pemain akan membutuhkan waktu. Belum lagi adaptasi antar pemain,” lanjut Jafri diantara bunyi mesin kapal yang menjadi moda transportasi antara mess dengan tempat latihan.
Pada Piala Presiden, Mitra Kukar tergabung di grup C bersama tuan rumah Bali United Pusam, Persija Jakarta, dan Persita Tangerang. Mereka akan melakoni laga perdana melawan Persita Tangerang, 30 Agustus nanti.
RABU, 19 Agustus 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Istimewa?
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...