Nikmati Akhir Pekan dengan Kuliner Khas Laut Pantai Terbaya

LAMPUNG — Daerah Kotaagung yang terletak Kabupaten Tanggamus merupakan sebuah wilayah pesisir di Provinsi Lampung. Kota yang terletak di kaki Gunung Tanggamus ini merupakan ibukota Kabupaten Tanggamus, yang sangat sejuk dan berpadu dengan udara pegunungan dan hembusan dari perairan Teluk Semaka. Gunung ini memiliki ketingian 2102 Mdpl dan menjadi spot pendakian bagi para pecinta alam sehingga dari atas gunung pun bisa dilihat Teluk Semaka yang membentang menuju Samudera Hindia.
Kotaagung, Kota kecil yang letaknya di Kabupaten Tanggamus ini berada di jalur utama lintas barat Sumatera. Karena letaknya di kaki Gunung Tanggamus dan di sebelah utara Teluk Semaka membuat daerah ini mempunyai pemandangan yang membuat kita terkagum-kagum. Air terjun, sungai, pantai, gunung dan lainnya tersedia disini. Bisa ditempuh dari ibukota Provinsi Lampung menggunakan bis dari terminal Rajabasa dengan lama perjalanan sekitar 3 jam dengan tarif rata rata Rp.20ribu – Rp.25ribu (tergantung situasi dan bisa berubah sewaktu waktu).
Bagi pecinta wisata alam, Kotaagung menyajikan wisata pantai diantaranya Pantai terbaya yang dekat dengan kantor pemerintahan Pemkab Tanggamus. Selain bisa menikmati deburan ombak pantai Terbaya yang memiliki ciri khas pasir hitam dan batu batu hitamnya, pengunjung pun bisa menikmati sajian kuliner khas laut (seafood) yang banyak disajikan di beberapa restoran dan rumah makan di daerah ini.
Pantai Terbaya sudah mulai dikunjungi wisatawan sejak tahun 70-an, namun baru sekitar tahun 1989 pantai ini baru benar-benar dibuka secara resmi untuk wisatawan. Sejak saat itulah pantai sepanjang 5 km ini semakin ramai didatangi para wisatawan. Biasanya wisatawan tahu dari mulut ke mulut. Namun tak sedikit juga yang mengetahuinya lewat internet. 
Ada dua pintu masuk yang bisa digunakan oleh pengunjung memasuki kawasan Pantai Terbaya. Pintu masuk yang pertama ada plang ucapan selamat datang yang terbuat dari bambu. Ibu Aidawati biasanya selalu menjaga pintu pertama ini. Pintu masuk yang kedua dijaga oleh saudara ibu Aidawati sendiri. Berada di sini pengunjung akan disambut oleh resto besar yang terbuat dari rumbia dengan desain yang modern.
Pantai Terbaya terletak sekitar 1 kilometer sebelum memasuki Kotaagung dari arah Pringsewu. Sayangnya ombak di pantai tersebut kurang bersahabat sebagai tempat mandi laut, apalagi banyak batuan di sepanjang pantainya, sehingga kurang nyaman sebagai tempat berjalan kaki. Untuk mencapai bibir pantai dari ketinggian tempat parkir kendaraan, harus menuruni banyak anak tangga dan tampaknya tidak sesuai untuk pengunjung yang sudah berumur. Kira-kira berjarak 3 kilometer dari pantai Terbaya, anda dapat mampir ke air terjun Way Lalaan, dan tentu saja harus menuruni banyak anak tangga lagi untuk mencapai tepi sungai.
Ketinggian air terjun sekitar 10-an meter dengan debit air yang relatif kecil. Tidak jauh dari pintu masuk dan arah berseberangan, merupakan jalan masuk utama ke komplek perkantoran kabupaten Tanggamus, yang dibangun diatas tanah bukit yang dipapas di tengah bekas hutan. Dari sini anda dapat memandang ke arah laut teluk Semangka jika cuaca cerah dan tidak berkabut.
Namun tak perlu berkecil hati, meskipun hanya bisa menikmati pantai tersebut untuk sekedar selfie atau berswa foto, di atas tangga tersebut terdapat sebuah rumah makan bernuansa bambu. Rumah makan yang terletak di gerbang Islamic Center Tanggamus ini menjadi sebuah rumah makan pilihan untuk menikmati pantai Terbaya dari atas sambil menikmati sajian kuliner dari laut.
“Saya menyukai berada di sini setiap sore karena saya bisa menikamti senja dan melihat kapal kapal yang ada di Teluk Semaka, kalau menjelang malam bisa makan malam di Rumah Makan Lestari yang menyajikan makanan khas seafood, “ungkap Sobari, warga Gisting kepada Cendana News saat menikmati makanan seafood di Rumah Makan Lestari Kotaagung  Sabtu(22/8/2015).
Akhir pekan menjadi momen yang dimanfaatkan warga Kotaagung serta dari beberapa kota di Gisting, Talangpadang karena pantai ini merupakan pantai terdekat di wilayah ini dan memiliki akomodasi yang cukup representatif terutama sajian kuliner yang bisa dinikmati saat senja hingga malam.
Salah satu sajian yang disukai pengujung di rumah makan Lestari sambil menikmati pantai diantaranya ikan bakar, cumi bakar, kakap bakar lengkap dengan berbagai sambal terasi atau pindang kepala Simba serta olahan berbahan ikan lainnya, lalapan khas Gunung Tanggamus dan minuman jus berbagai jenis diantaranya jus alpukat, jus jambu, jus markisa, jus jeruk serta berbagai minuman lainnya. Buah buahan yang berasal dari kaki Gunung Tanggamus membuat berbagai jenis minuman berbahan buah bisa diperoleh di sini.
“Saya suka ajak kawan kawan kalau akhir pekan ke sini untuk menikmati ikan bakar apalagi kawan kawan saya banyak dari Bandarlampung dan beberapa dari wilayah lain,”ungkap Desy yang merupakan pegawai sebuah bank swasta di Kota Agung.
Selain lokasinya yang strategis, rumah makan ini bisa menjadi pintu gerbang pengunjung untuk turun ke pantai Terbaya dengan tangga yang menuju ke bawah yang menyediakan gubuk gubuk kecil yang digunakan pengunjung pantai ini untuk menikmati keindahan Pantai Terbaya. Tarif sebesar Rp 5ribu sudah cukup lumayan untuk bisa menikmati dan berjalan jalan di tepi pantai Terbaya ini.
Akhir pekan, jika memiliki waktu bisa digunakan para traveler untuk menikmati sajian kuliner khas dari laut yang masih segar dan tentunya bisa menikmati deburan ombak Pantai Terbaya di Kotaagung, Kabupaten Tanggamus ini. Selamat berakhir pekan.


SABTU, 22 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...