Ondel-ondel Masih Jadi Sarana Kreatif Remaja Modern

JAKARTA — Suasana jalan pengayoman, kompleks perumahan departemen kehakiman di kelurahan Utan Kayu Utara mendadak ramai saat sekelompok remaja datang dengan ondel-ondel diiringi lagu-lagu perjuangan dalam balutan irama gambang kromong.
Remaja-remaja kreatif ini berkeliling diseluruh wilayah Utan Kayu membawa ondel-ondel, sound system, dan alat musik seadanya.
Seorang remaja bernama Taslim mengatakan, mereka memang mengamen, namun jika tidak mendapat uang juga tidak apa-apa, karena kegiatan mereka ini bukan sekedar mengamen, tapi sekaligus membuat ondel-ondel semakin dicintai warga Jakarta.
“Milik dan kebanggaan kami warga Jakarta salah satunya adalah ondel-ondel,  kalau bisa jangan hanya ditempat wisata saja kita menyaksikannya, akan tetapi disetiap sudut sempit kota juga bisa,” ujar Taslim kepada Cendana News, Jumat (21/08/2015).
Menurut Taslim dan rekan-rekannya, mereka sudah sekitar dua jam berkeliling di sore ini, dan satu jam lagi mereka akan menyudahi pertunjukkan keliling mereka yang kreatif ini.
“Lagipula di Utan Kayu banyak pengamen yang pakai gitar dan sajak atau puisi,  kami ingin yang lebih membumi, itulah mengapa kami pilih ondel-ondel,” sambung Taslim menambahkan.
Harapan para remaja ini adalah kedepannya ondel-ondel dapat semakin lekat dihati masyarakat dan bukannya hanya sebagai penghias acara-acara resmi para pejabat saja.

JUMAT, 21 Agustus 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...