Panwaslu Balikpapan Siap Tindaklajuti Laporan Balon Perseorangan

BALIKPAPAN — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Balikpapan menyatakan dua pasangan bakal calon (Balon) Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan Perseorangan bisa mengadukan ke Panwaslu Balikpapan, apabila merasa keberatan dengan hasil pleno verifikasi persyaratan perseorangan.  Hal itu diungkapkan Ketua Panwaslu Kota Balikpapan Jumiko.
Menurutnya, apabila pasangan balon keberatan dengan hasil yang diperoleh KPU Balikpapan maka bisa saja melaporkan ke Panwaslu. Kemudian nantinya akan diproses oleh Panwas. “Ya nanti diproses di Panwas. Jadi apakah memenangkan gugatan atau dimenangkan tergugat diselesaikan di Panwas,” ucap Jumiko, Sabtu (22/8/2015).
Selain itu, Jumiko menjelaskan, apabila pelapor masih belum puas dengan keputusan Panwas mereka bisa mengambil jalan memasuki gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Jakarta.
Sementara itu, dari pantauan Panwas hingga kini belum menerima laporan masyarakat terkait pelaksanaan Pilkada di Balikpapan.

“Sejauh ini belum ada laporan masyarakat soal Pilkada, laporan yang diterima Panwas harus berbentuk tertulis sehingga Panwas bisa menindaklanjuti,” tuturnya.

Jumiko mengatakan laporan yang diterima Panwas hanya bentuk tertulis. Dengan tertulis maka tindak-lanjut dari laporan ditindaklanjuti melampaui pelapor menjadi saksi hingga proses selanjutnya. Walau nantinya ada laporan lisan, namun Panwas tidak dapat menindaklanjutinya. Karena hal ini sudah sesuai dengan aturannya.
SABTU, 22 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...