Panwaslu Kabulkan Gugatan Pasangan Bakal Calon Walikota Sahaja

Ketua dan Komisioner Panwaslu Kota Mataram
MATARAM — Panitian Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Mataram mengabulkan gugatan pasangan Salman dan Jana Hamdiana (Sahaja) atas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram terkait keabsahan dokumen dukungan Partai Golkar, yang sebelumnya dinyatakan tidak sah oleh KPU, karena Partai Golkar telah memberikan dukungan kepada pasangan calon incumben, Ahyar dan Mohan Roliskana (Mohan).
Dalam pembacaan keputusan Panwaslu yang tebalnya puluhan lembar, di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) NTB yang dimulai dari pukul 17.00 hingga 20.00 petang tadi, Panwaslu menyatakan bahwa dokumen dukungan Partai Golkar baik dari kubu Agung Laksono maupun Abu Rizal Bakri terhadap pasangan Sahaja adalah sah.
“Mengabulkan sebagian gugatan pasangan Sahaja dan memerintahkan KPU Kota Mataram untuk menerima pasangan bakal calon Sahaja,” kata Komisioner Panwaslu Kota Mataram,  Dewi Asmawardani membacakan keputusan Panwaslu atas gugatan pasangan Sahaja ke KPU Kota Mataram dalam musyawarah sengketa Pikada Kota Mataram di kantor Bawaslu NTB, Kamis (20/8/2015).
Sementara itu Ketua Panwaslu Kota Mataram, Srino Mahyarudin mengatakan, berdasarkan pemeriksaan dan hasil penelaahan kami terhadap dokumen dukungan Partai Golkar Kubu Aburizal Bakri dan Agung Laksono yang diberikan kepada pasangan Sahaja adalah sah.
Sementara itu kuasa hukum KPU Kota Mataram, D.A. Malik diminta tanggapannya soal keputusan Panwaslu yang memerintahkan KPU Kota Mataram menerima berkas pasangan Sahaja, mengaku untuk langkah selanjutnya dirinya masih akan menunggu bagaimana langkah dari KPU dan harus melakukan kordinasi.
“Saya belum menerima dokumen putusan Panwaslu yang menerima sebagian gugatan pasangan Sahaja seutuhnya, tentunya putusan Panwaslu tersebut masih akan kita kaji terlebih dahulu secara mendalam, baru akan mengambil langkah selanjutnya,” ungkapnya.
KAMIS, 20 Agustus 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...