Pasangan Calon Gubernur Sumatera Barat Undi Nomor Urut

Pasangan Pilgub Sumbar, Muslim Kasim dan Fauzi Bahar


PADANG — Calon Gubernur Muslim Kasim dan calon wakil gubernur Fauzi Bahar, mendapatkan nomor urut 1 dalam Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Sumbar. Sedangkan pasangan Irwan Prayitno dengan Nasrul Abit mendapatkan nomor urut 2, dalam pengundian dan penentuan nomor urut oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat (Sumbar).
KPU Sumbar  menetapkan nomor urut pasangan calon gubernur dan wakil gubernur itu melalui rapat pleno terbuka, yang diadakan pada Selasa (25/8/2015) malam di Hotel Pangeran Beach Kota Padang.
Rapat pleno terbuka itu dihadiri puluhan simpatisan dari kedua pasangan calon tersebut, pengundian nomor urut tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KPU Sumbar Amnasmen. Saat rapat pleno terbuka itu, Amnasmen menjelaskan tata cara pelaksanaan pengundian nomor urut.
“Masing-masing pasangan akan melakukan pengundian untuk menentukan siapa yang terlebih dulu mengambil nomor pengundian,” ujarnya.
Dalam prapengundian, pasangan Irwan Prayitno-Nasrul Abit terlebih dulu mengambil nomor pengundian tersebut, dan Muslim Kasim-Fauzi Bahar dapat urutan kedua.
Masing-masing pendukung tak henti-hentinya meneriakan yel-yel dan dukungan untuk masing-masing calon. Tak hanya yel-yel dan slogan, kedua massa pendukung pasangan calon tersebut juga mengeluarkan atribut baju kaos yang sudah diberi nomor hasil pengundian itu.
Usai mendapatkan nomor urut, calon gubernur Muslim Kasim mengatakan, nomor itu sudah diprediksi bisa didapatkan. Tak hanya itu, Muslim berharap nomor urut itu bisa menjadi tanda-tanda kemenangan.
“Dari awal hingga akhir tetap nomor satu dan ini memiliki makna kemenangan,” ujar Muslim.
Lain halnya dengan calon Gubernur nomor urut dua Irwan Prayitno. Ia mengaku bahwa nomor urut itu tidak jadi soal.
“Biasa saja, tidak masalah berapapun nomor yang didapatkan, yang pasti itu nomor urut” kata Irwan. 
Setelah penetapan nomor urut, kedua pasangan calon menerima berita acara dan mengesahkan nama yang akan dipasang dalam Alat Peraga Kampanye (APK) dan surat suara pencoblosan oleh KPU.
RABU, 26 Agustus 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...