Pasca Erupsi, 9 Penerbangan Domestik di Sam Ratulangi Ditunda

Suasana di Bandara dan Foto Erupsi Gunung Lokon yang di ambil dari Pos Pemantau

MANADO – Pasca erupsi Gunung Lokon di kota Tomohon, Sulawesi Utara pada sabtu malam (29/08/2015), mengakibatkan sembilan penerbangan domestic mengalami penundaan di Bandara Internasional Sam Ratulangi.
Humas Angkara Pura 1 Manado Ilham Hassan mengatakan, ada 9 penerbangan yang mengalami penundaan keberangkaan pada minggu (30/08/2015) akibat letusan Gunung Lokon, yaitu nomor penerbangan GA 743 tujuan Manado-Makassar-Surabaya, JT 771 Manado-Jakarta, GA 741 Manado-Makassar-Denpasar, GA 607  Manado-Jakarta, Batik Air 671 tujuan Manado-Jakarta, Wings Air Tujuan Naha dan Kohu, GA 472 Manado-Sorong, dan JT 731 dengan tujuan Manado-Balikpapan.

9 penerbangan ini kata Hassan mengalami penundaan selama 7 jam. Menurut Ilham Penundaan penerbangan ini dilakukan karena abu vulkanik menutupi sebagian landasan dan badan pesawat yang terparkir di bandara, sehingga membutuhkan waktu untuk di bersihkan.

Selain itu kata Hassan, penundaan penerbangan sengaja dilakukan dengan alasan kemanusian dan menghindari kecelakaan akibat debu erupsi yang dapat mengganggu mesin pesawat dan jarak pandang pilot.

“Penerbangan kita tunda selama 7 jam sambil menunggu abu vulkanik di bersihkan di landasan pesawat” ujar Hasan.

Ilham mengatakan, penerbangan kembali normal dan dibuka pada pukul 15.00 WITA dan pihaknya meminta maaf atas ketidaknyamanan ini, semoga para penumpang  bisa memaklumi.
Sementara itu, salah satu penumpang Garuda Indonesia dari Jakarta yang akan menuju ke Manado, saat menghubungi Cendana News berharap agar maskapai bisa memberikan konpensasi atau revand atas penundaan penerbangan. “Kami berharap maskapai bisa memberikan konpensasi kepada penumpang akibat penundaan keberangkatan” ujar Doan Taga.
Akibat penundaan penerbangan domestik di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, penumpukan penumpang terjadi. Ratusan penumpang masih berada didepan ruang tunggu bandara dan ruang tunggu keberangkatan, untuk menunggu konfirmasi lebih lanjut dari sejumlah maskapai penerbangan. 
MINGGU, 30 Agustus 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...