Pasca Letusan Gunung Manam, Dua Bandara di Papua kembali Normal

Pesawat Jenis Caravan [Ilustrasi]
JAYAPURA –– Bandara Mopah, Kabupaten Merauke dan Tanah Merah, Boven Digoel telah dibuka dan kembali normal setelah sebelumnya ditutup akibat ancaman abu vulkanik dari letusan gunung Manam, Papua New Guinea.
Kepala Bandara Moppah Merauke, Asri Santosa mengatakan, pesawat yang pertama landing di bandara, Garuda, dan diikuti Lion. 
“Garuda landing pukul 13.45 WIT kemudian pesawat Lion 14.10 WIT. Dan pesawat itu take off lagi 45 menit berikutnya,” kata Asri dari ujung selulernya, Minggu (02/08/2015).
Menurutnya, dampak abu vulkanik yang diperkirakan akan datang dari PNG, tepatnya dari lokasi gunung Manam yang meletus, hingga hari ini tidak terjadi apa-apa. Ratusan penumpang yang sebelumnya sempat delay, kemarin semuanya telah landing.
“Dampak abu vulkanik tidak sampai, karena dari 0 sampai 65.000 feet. Jadi abu itu ke bawa angin cukup tinggi, hingga abunya tidak sempat turun ke lokasi yang diperkirakan, seperti ke bandara Mopah, Merauke,” ujarnya.
Dikatakannya, maskapai penerbangan yang masuk ke bandara Mopah, Merauke antara lain Garuda, Lion, Sriwijaya, Susi Air, MAF, Hercules.
“Besok, ada landing pesawat carteran jenis Caravan dari Australia. Sampai saat ini semuanya sudah berjalan normal, Insyallah tidak ada permasalahan. Kalau bandara di sini sudah buka dan normal, berarti di bandara Tanah Merah, Boven Digoel juga sudah buka,” dikatakan Asri.
Sebelumnya, Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG Wilayah V Papua dan Papua Barat, Zem Irianto Padama mengaku pihaknya mendapat informasi telah terjadi letusan gunung berapi, di Manam, PNG.
“Bandara di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel ditutup hingga pukul 12.00 wit karena gunung Manam di PNG meletus, takutnya erosi dari letusan itu mengganggu penerbangan di dua kabupaten, provinsi Papua,” kata Irianto saat dikonfirmasi Cendana News, Sabtu (01/08/2015).
MINGGU, 02 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...