Pawai Pembangunan Pentaskan Program Unggulan Instansi di Manggarai

FLORES — Pawai Pembangunan di Kota Ruteng, Ibukota Kabupaten Manggarai, Flores, NTT diwarnai pementasan aneka program unggulan dari berbagai instansi pemerintahan, pendidikan dan dunia usaha. Hal ini sebagaimana terlihat pada masing-masing maskot yang ditampilkan dari pelbagai instansi dan kelompok usaha tersebut.
Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan menampilkan program gertak birahi dan inseminasi buatan sebagai upaya meningkatkan produktivitas dan produksi ternak.
“Melalui program gertak birahi dan inseminasi buatan meningkatkan produksi dan produktivitas ternak,” tulis pada maskot pawai instansi tersebut.
Selanjutnya dari Badan Pertanahan Daerah memperkenalkan 7 (tujuh) layanan utama Badan Pertanahan Nasional sebagai program unggulan. Sedangkan dari Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben)  memperlihatkan instalasi biogas.
Ada pula dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Komodo. Lembaga ini mengungkapkan Program Hibah Air Minum APBN melalui pemasangan instalasi gratis. Pada tahun 2015 ini, Kabupaten Manggarai menargetkan pemasangan gratis untuk 731 pelanggan yang tersebar di 3 (tiga) kecamatan. Di Kecamatan Langke Rembong ada 282 pelanggan. Kecamatan Wae Ri’i ada 158 pelanggan. Sisanya di Kecamatan Satarmese Barat sebanyak 291 pelanggan.
Yang lainnya dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan program unggulan berupa dorongan menurunkan angka kelahiran menuju terciptanya keluarga sejahtera.
“Ayo ikut KB! 2 Anak, OK. Banyak Anak, KO. Pake lite KB. Boto mangas ras baling racap, res baling lele. Rentek lobo kecep, raok lobo sapo. Rantang borek cala bocel, ta’i cala wa’i. Boto rundeng le bules agu pedeng le cebel one ka’eng kilo,” ajak lembaga tersebut memberikan pemahaman.
Demikian pula dari Bank NTT, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinsosnakertrans, PU, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Sadar Wisata Ruteng dan masih banyak lembaga lainnya. Pantauan Cendana News, diperkirakan ada lebih dari 50 lembaga ikut ambil bagian dalam Promosi Pembangunan Kabupaten Manggarai pada tahun 2015 ini.
Acara yang dibuka serta ditutup kembali secara resmi oleh Bupati Manggarai, Christian Rotok, ini tampak dihadiri pula oleh ribuan warga dari berbagai wilayah di Kabupaten Manggarai. Mereka terlihat memadati sejumlah ruas jalan di Kota Ruteng selama pawai berlangsung.

JUMAT, 21 Agustus 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...