Pedagang Berharap Pembangunan Pasar Klewer Baru Segera Terwujud

SEMARANG — Para pedagang Pasar Klewer yang sekarang menempati tempat penampungan sementara di sekitar Alun – Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di kota Solo berharap, agar proses pelaksanaan pembangunan Pasar Klewer yang baru, segera terealisasi dalam waktu yang tak terlalu lama. Dengan demikian semakin cepat selesai, diharapkan aktivitas pedagang Pasar Klewer kembali normal seperti sedia kala, sama seperti pada masa kejayaannya dulu, sebelum terbakar.
Sebagaimana diketahui sebelumnya, pada malam hari tepatnya tanggal 27 Desember 2014, Pasar Klewer sebagai salah satu pasar tekstil yang legendaris kota Surakarta ( Solo ) terbakar habis dilalap si jago merah. Padahal malam itu tak jauh dari Pasar Klewer sedang berlangsung pelaksanaan festival Sekatenan yang diadakan di Alun – Alun Utara Keraton.
Muchlis, salah satu pedagang pakaian di tempat penampungan sementara ketika ditemui Cendana News mengatakan, dirinya sudah berdagang pakaian jadi turun – temurun meneruskan usaha warisan kakek buyut di pasar tersebut,

“Sudah banyak langganan saya, tapi beberapa pelanggan ada yang masih bingung mencari kios saya yang baru di tempat penampungan sementara ini ” tuturnya.

Dia berharap jangan lama – lama berjualan di tempat penampungan sementara ini, selain bangunannya semi permanen, kalau siang hari terasa lebih panas.

“Siang panasnya bukan main, apalagi di musim kemarau seperti ini, para pelanggannya jadi malas berbelanja, yang ramai pembeli hanya di waktu pagi dan sore saja,”sahutnya.

Sementara itu, Sumini salah satu pedagang buah – buahan di kios penampungan menerangkan, dirinya mengetahui saat ini sedang berlangsung tahap awal pembangunan kembali Pasar Klewer yang baru, tampak beberapa tiang pancang sebagai fondasi dasar sedang dipasang.

“Mudah – mudahan bisa segera berjualan normal kembali seperti dulu lagi ” terangnya.

Dia melanjutkan, sebenarnya tidak ada masalah berjualan buah – buahan di tempat penampungan sementara di sebelah utara Alun – Alun Keraton tersebut, sebagian para pelanggan tetapnya masih membeli aneka macam buah di kiosnya.

“Tapi rata – rata pendapatannya jelas menurun jika dibandingkan saat kiosnya belum terbakar seperti dulu ” imbuhnya.

Sedangkan salah satu pedagang Batik, Arifin menjelaskan, memang lokasi sekarang banyak kekuranggannya. namun dirinya berusaha menerima sebaik mungkin sampai pasar yang sesungguhnya selesai dibangun.

“Mau gimana lagi wong namanya tempat penampungan sementara, ya begini keadaanya, terima saja dengan lapang dada, bersyukur yang penting masih bisa berjualan seperti biasa, bisa untuk menyambung hidup ” tuturnya.

Saat ini, seluruh halaman Alun – Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat dipakai seluruhnya sebagai tempat penampungan sementara, tampak puluhan bangunan semi permanen yang menjual berbagai macam barang dagangan didirikan di tempat ini.
Termasuk di serambi depan halaman sebelah utara Keraton juga difungsikan sebagai tempat berjualan sementara, kebanyakan kios pedagang yang menempati kawasan area bangunan milik ” Bangsawan ” tersebut menjual berbagai pernak – pernik dan asesoris Perlengkapan Pengantin.
Dari pantauan Cendana News, terlihat bekas tempat kebakaran Pasar Klewer yang dulu kini telah dipagari seluruhnya, di lokasi terlihat beberapa alat – alat berat sedang membangun fondasi konstruksi tiang pancang, sebagai pertanda pembangunan tahap awal Pasar Klewer yang baru.

MINGGU, 23 Agustus 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...