Pekan Depan, Tinju Internasional Berlangsung Di Papua

Sabuk emas yang diperlihatkan promotor dan panitia penyelenggara Tinju Internasional
JAYAPURA — Sejumlah petinju Nasional maupun tingkat Asia akan memperebutkan enam sabuk emas dalam pertandingan Tinju Internasional yang akan berlangsung di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kotaraja, Papua. Pertandingan tersebut digelar Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI) Provinsi Papua dan akan berlangsung, Sabtu (29/08/2015) mendatang.
Enam sabuk emas yang akan diperebutkan antara lain, sabuk emas Pangdam XVII Cenderawasih, Kapolda Papua, Gubernur Provinsi Papua, Ketua DPR Papua, Danlantamal Jayapura dan sabuk emas dari Walikota Jayapura.
“Puncak pertandingan tinju internasional akan digelar selama 10 ronde, antara Sam Ferload Puadi juara nasional kelas bulu dari sasana Glalani Boxing Camp melawan Sour Carryboy peringkat dua nasional asal Thailand,” kata juru bicara Mikael Kambuaya Promotor, George Borlak di Kota Jayapura, Kamis (20/08/2015).
Dikatakan Borlak, tinju internasional kelas ringan yunior 58,9 kilogram itu memperebutkan sabuk Panglima Kodam XVII/Cenderawasih. “Semua hal yang berkaitan dengan tinju internasional ini, sudah kami siapkan. Diantaranya, dari membayar 30 persen hak petinju, izin ke Menpora lewat BOPI, izin keramaian dan keamanan ke Mabes Polri, Polda Papua dan Polresta Jayapura,” ujarnya.
Selain menggelar pertandingan tinju internasional itu, Borlag mengatakan Mikael Kambuaya Promotor juga akan melaksanakan kejuaraan nasional KTPI sekaligus memperebutkan sabuk emas Gubernur Papua, Lukas Enembe di kelas yunior 63,5 Kg.
Pada kelas itu akan mempertemukan petinju Roy Tua Minihuruk dari Manihuruk boxing camp Curup Bengkulu yang berstatus juara nasional melawan Gesiler Ap mantan juara nasional dari sasana Kenambai Umbai boxing club Kabupaten Jayapura.
“Ada juga perebutan sabu emas Kapolda Papua dikelas welter 66,6 Kg antara Jhon Fox Ruba juara nasional versi FTI dari Tanggerang melawan Ramadhan Weriuw asal Merauke mantan juara nasional. Lalu, perebutan sabuk emas ketua DPR Papua di kelas bantam 53,5 Kg antara Paulus Baransano dari Manokwari, Papua Barat melawan Weleam Marahena dari Jakarta,” kata Borlak yang mengantongi lisensi A wasit tinju internasional.
Masih kata Borlak, ada dua pertandingan lagi yakni antara Hengki Baransao dari Manokwari melawan Melianus Mirin dari Pegunungan Bintang. Dan, menurutnya, Walikota Jayapura, Behur Tommy Mano telah mengusulkan ada sabuk emas dari Walikota tuk diperbutkan pada petinju-petinju di Indonesia maupun luar negeri.
“Pak Wali Kota Jayapura juga mengusulkan agar ada kejuaraan tinju yang memperebutkan sabuk emas Benhur Tommy Mano,” ujarnya.
Saat ini, lanjut Borlak, ketua KTPI provinsi Papua, RD Siahaya akan dikukuhkan pada Sabtu (29/8), beberapa saat sebelum digelar pertandingan tinju interasional. “KTPI Papua sudah ada ketua terpilihnya, tapi belum dilantik. Nanti beberapa jam sebelum laga tanggal 29 mendatang akan dikukuhkan dan dilanjutkan dengan pertandingan tinju internasionalnya,” katanya.
KAMIS, 20 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...