Pemko Malang Gelar Kirab Budaya dan Pawai Kendaraan Hias

MALANG — Kemeriahan kota Malang dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia ke-70 masih terus berlanjut sampai hari ini. Setelah menggelar upacara Hari Kemerdekaan dan drama kolosal tepat pada tanggal 17 Agustus 2015, hari ini Rabu (19/8/2015) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Kirab Budaya dan Pawai Kendaraan Hias.
Kepala Disbudpar Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni menjelaskan, Kirab Budaya merupakan agenda rutin tahunan untuk merayakan hari Kemerdekaan Indonesia. Penyelenggaraan memiliki beberapa maksud dan tujuan, yaitu untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui apresiasi seni budaya Indonesia sekaligus memberikan tontonan bagi masyarakat.
Kirab Budaya dan pawai kendaraan hias kali ini diikuti oleh 84 peserta yang terdiri dari instansi pemerintah maupun swasta, sekolah, perguruan tinggi, perhotelan, kecamatan, kelurahan, masyarakat umum dan juga komoditas sanggar seni yang ada di kota Malang seperti Reog, kuda lumping, kerawaitan dan pencak silat. 
“Peserta Kirab Budaya dan pawai kendaraan hias tahun ini jauh lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu,” tuturnya di Malang, Rabu (19/08/2015).
Rute untuk kirab Budaya yaitu start dari depan Balaikota Malang menuju jalan Kahuripan, jalan Semeru dan finish di depan perpustakaan umum kota Malang. Sedangkan rute untuk pawai kendaraan hias hampir sama yaitu Start di depan Balaikota Malang, menuju jalan Kahuripan, jalan Semeru, jalan Ijen, jalan Simpang Balapan dan finish jalan Simpang Ijen tepatnya di Bakorwil III Jawa Timur.
Acara Kirab Budaya sendiri baru dimulai pukul 13.00 WIB. Namun begitu dari pantauan Cendana News masyarakat Malang yang ingin menyaksikan jalannya Kirab Budaya, sejak pukul 10.00 WIB sudah terlihat mulai berdatangan di Balaikota Malang dan memadati ruas-ruas jalang yang nantinya akan dilewati oleh rombongan.
Kirab Budaya diawali dengan tarian-tarian daerah yang dibawakan oleh Mahasiswa Universitas Negeri Malang dan Rumah Kreatif Nusantara. Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan Marching Band dari mahasiswa Universitas Brawijaya yang diteruskan dengan peresmian pemberangkatan Kirab Budaya tahun 2015 oleh Muhammad Anton selaku Walikota Malang.
Setiap peserta Kirab Budaya yang melintas didepan Walikota Malang diberikan waktu untuk menampilkan pertunjukkan baik berupa tarian maupun atraksi pencak silat. Bahkan beberapa peserta ada yang memberikan cinderamata untuk Muhammad Anton Walikota Malang, seperti yang dilakukan peserta dari Dinas Pertanian yang memberikan beberapa hasil pertaniannya.
Selain pertunjukkan tari-tarian, peserta juga terlihat sangat kreatif dan piawai menghias kendaraannya dengan berbagai macam ornamen agar terlihat Indah.


RABU, 19 Agustus 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...