Pemkot Balikpapan Usul Perbaikan Terminal Batu Ampar Ke Pemprov

Terminal Batu Ampar
BALIKPAPAN — Memperbaiki landasan terminal antar kota dan terminal dalam kota Batu Ampar Balikpapan Utara, Pemerintah kota mengusulkan bantuan kepada Pemprov Kalimantan Timur. 
Kepala Dinas Perhubungan Balikpapan, Sudirman Djayaleksana menyebutkan, selain perbaikan landasan terminal AKAP, diusulkan pula pembenahan landasan terminal angkutan dalam kota yang lama yang kondisinya saat ini berlubang dan rusak berat. Jika hujan, landasan terminal tergenang dan becek.
“Selain itu kita usulkan juga perbaikan pada rehab terminal dalam kota. Kan sekarang angkot harus masuk tidak boleh lagi ngetem di luar, ” tandasnya.
Rehab ruang tunggu terminal angkutan dalam kota sudah perlu dilakukan perbaikan mengingat bangunan yang sudah lama dan tua.
“Atap sirap sudah pada rusak. Memang harus diperbaiki karena bangunan lama,” ujar Sudirman, Minggu (9/8/2015).
Sudirman menjelaskan, perbaikan terminal Batu Ampar masuk kewenangan pemerintah pusat. Terminal tersebut dibangun atas dana Pemerintah pusat melalui satuan kerja provinsi Kalimantan Timur.
“Itu sudah kita ajukan ke Provinsi. Kan masih kewenangan pusat nanti bisa melalui provinsi atau APBN. Berdasarkan perhitungan kasarnya sekitar Rp.2miliar,” katanya.
Selain itu, Dia juga menghimbau kepada masyarakat  untuk ikut menjaga dan merawat terminal termasuk kebersihan dan kerapian, karena juga menjadi tanggung jawab mengingat pembangunan  sarana publik menggunakan dana masyarakat. 
“Kuncinya pada  kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga aset dan terminal,” tambahnya.
Pihaknya juga akan bertindak tegas bagi para supir angkot, untuk membenahi itu, pihaknya sudah menyampaikan sosialisasi kepada pengusaha bus maupun angkutan dalam kota termasuk supir agar tidak lagi ngetem diluar terminal.
MINGGU, 09 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...