Pencari Kerja di Kota Balikpapan Meningkat 25 persen

BALIKPAPAN — Jumlah pencari kerja (Pencaker) di Balikpapan dipertengahan tahun ini naik 25 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama. Dinas Tenaga Kerja mencatat, di 2015 terdapat 8.600 pencaker. 
Tirta Dewi

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Balikpapan, Tirta Dewi mengungkapkan, jumlah itu meningkat karena pencaker yang terhimpun tidak hanya lokal Balikpapan saja, namun ada warga pendatang. Selain itu, kondisi ekonomi yang kurang menggembirakan menyebabkan ada tenaga kerja yang kena pemutusan hubungan kerja. 

“Pencaker itu bukan hanya lokal Balikpapan, tapi ada warga pendatang dari luar daerah yang mencari pekerjaan di Balikpapan,” katanya saat ditemui Selasa (4/8/2015).
Disebutkan, kenaikan pencari kerja ini dikarenakan Kalimatan Timur khususnya Balikpapan masih menjadi daerah tujuan yang cukup memberikan harapan bagi pendatang. Sayangnya mereka yang datang dan mengadu nasib tidak sedikit yang tidak melaporkan ke Disnakersos. Padahal, ini sangat penting untuk melakukan monitoring tingkat pengangguran.
Ia berharap pendatang maupun pencaker juga kooperatif membuat kartu kuning untuk mencari kerja di Balikpapan agar dinas terkait dapat mendata dengan lowongan yang tersedia. Dan pencaker yang sudah mendapatkan pekerjaan juga melaporkan untuk menganalisa program ke depannya.
Upaya yang kini dilakukan pihaknya untuk menekan angka pengangguran dengan menyelenggarakan bursa kerja yang digelar dua kali dalam setahun. Rencananya pada bulan September mendatang akan diselenggarakan bursa kerja yang kedua kalinya.

“September nanti ada bursa kerja. Banyak lowongan yang ditawarkan perusahaan,” imbuhnya.

SELASA, 04 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti / Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...