Pendaftaran Balon Pemilukada Kota Surabaya Diperpanjang

SURABAYA — Pendaftaran pasangan calon untuk pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Kota Surabaya kembali di buka pada 9 – 11 Agustus 2015. Hal tersebut disesuaikan Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat melalui surat bernomor 449/KPU/VIII/2015.
Robiyan Arifin
“Intinya mengatakan untuk tujuh Kabupaten Kota peserta Pemilukadanya serentak yang hanya diikuti oleh satu pasangan calon, agar memperpanjang masa pendaftaran,”kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya, Robiyan Arifin saat ditemui di Surabaya, Jumat (07/08/2015).
Dalam surat tersebut juga KPU RI meminta agar KPU mencabut keputusan penundaan tahapan pemilihan kepala daerah di daerah masing-masing serta mengubah keputusan tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pilkada dengan menyusun kembali tahapan lanjutan.
“Meski diminta mengatur ulang tahapan, ada catatan bahwa pemungutan suara tetap harus digelar tanggal 9 Desember 2015 mendatang,” Jelasnya.
Selain Kota Surabaya, dua daerah lainnya yang memperpanjang pendafaran di daerah Jawa Timur yakni, Kabupaten Blitar, Kabupaten Pacitan.
Menyikapi hal tersebut, Ketua Tim Pokja Koalisi Majapahit, A.H Tony mengatakan, pasangan yang bakal muncul dan mendaftar di KPU dalam jangka 3 hari, bisa dipastikan sebagai pasangan boneka, dan pelaksanaan Pilkada tidak lagi mengindahkan kualitas, tetapi hanya formalitas.
“Di tingkat pusat justru membuat Pilkada di Surabaya hanya formalitas, tidak lagi berkualitas, dan kesan saya memang dipaksakan agar muncul calon boneka,” jelasnya.
Tony juga merasa bahwa dampak dari munculnya pasangan boneka yang diusung oleh gabungan partai, akan kembali menjadikan Koalisi Majapahit sebagai kambing hitam yang maksudnya menjadi sasaran kesalahan.
“Kami akan kembali menjadi sasaran kambing hitam, karena parpol yang memungkinkan bisa bermanuver dan mengusung pasangan calon berada di lingkungan koalisi Majapahit, kalau begini kan bukan lagi mendinginkan suasana, justru memanaskan kontestasi politik di Surabaya,” Tegasnya.
Pembukaan pendaftaran dijadwalkan pada tanggal 9-11 Agustus 2015, sedangkan untuk sosialisasi ke partai politik dilakukan tanggal 6-8 Agustus 2015.
JUMAT, 07 Agustus 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...