Pengibaran Bendera Merah Putih di Maluku Berjalan Sukses

AMBON — Upacara Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan NKRI di Lapangan Merdeka Pattimura Kota Ambon, Provinsi Maluku, Senin (17/8/2015) yang dimulai pada pukul 10.00 WIT (pukul 08.00 WIB) dengan Gubernur Maluku Said Assagaff sebagai Inspektur upacara berjalan sukses.           
                                     
Naskah proklamasi 1945 dibacakan Ketua DPRD Maluku, Edwin Adrian Huwae. Dan doa oleh Kankemenag RI wilayah Maluku, Fesal Musaad. Komandan Upacara Letkol Inf. Yanto R. Nanggolan (Wairdam Kodam XVI Pattimura). Komandan Regu Paskibraka Komandan Letda ADM. Danis Swara dari AU Lanud XVI Pattimura.
Paskibra yang bertugas mengibar bendera Merah Putih adalah para siswa-siswi dari 11 kabupaten dan kota se Maluku yang telah diseleksi sebelumnya. Untuk siswa dibagi ke kelompok 8 dan 17 dan ditambah 4 pengawal dari tiga angkatan yakni TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara Pattimura. Sedangkan kelompok 45 terdiri dari tiga angkatan yakni TNI AD, AL, AU serta Kepolisian.
Pembawa baki adalah Grenovefa Susanto siswi SMA Negeri Saumlaki kabupaten Maluku Tenggara Barat. Pengibar Edwardo Labok siswa SMK Dobo Kabupaten Aru, Kristo Alfito Latuni siswa SMA Negeri 3 Kota Ambon, dan Axel Manabun juga siswa SMA Negeri 3 Ambon.
Tepat pukul 10.40 WIT regu Paskibra berhasil mengibarkan merah putih. Turut hadir, Muspika Provinsi Maluku, Muspika Kota Ambon dan jajaran, serta para siswa SD, SMP, SMA se Kota Ambon Provinsi Maluku.


SENIN, 17 Agustus 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...