Penjual Batu Akik di Ambon Raup Untung Menjanjikan

AMBON — Sejumlah pedagang batu akik di lorong Lippo Bilangan Sam Ratulangi Kota Ambon Provinsi Maluku mendulang keuntungan yang menjanjikan.
Pantauan Cendana News di jalan Sam Ratulangi Kota Ambon, Provinsi Maluku Rabu (18/2015) menyebutkan, di lorong Lippo aneka jenis batu akik dipasarkan para pedagang di Kota Ambon.
Aneka warna batu akik anda bisa temui di kawasan ini. Diantaranya, hijau, ungu, merah, oranye, silver biru, kuning, cokelat dan lain-lain sesuai selera anda, yang penting punya duit anda bisa mendapatkannya. Sejumlah pembeli dan pengunjung pun tampak ramai mendatangi kawasan ini.
Karim salah satu pedagang batu akik di lorong Lippo Jalan Sam Ratulangi Kota Ambon yang diwawancarai Cendana News Rabu (12/8/2015) mengatakan, biasanya batu akik yang dijualnya mulai harga 700 ribu hingga 5 juta rupiah per cincin.
Dijelaskan, batu akik yang dijual diantaranya, batu Ambon, batu Alang, batu Seram, Provinsi Maluku dan batu bacan asal Maluku Utara.
Untuk bongkahan batu Alang dan Seram dijual Rp 10.000. “Kalau sudah jadi cincin biasanya kita jual mulai 700 ribu, 1 juta sampai Rp 10.000.000 per cincin. Kalau batu bacan standard harga mulai 700 ribu rupiah per cincin. Kalau bacan super harganya mulai 3 juta, 90 juta sampai 150 juta rupiah per cincin,” jelasnya.
Iwan pedagang batu akik di tempat yang sama yang diwawancarai Cendana News Rabu (12/8/2015) juga mengakui, untuk batu bacan bongkahan per kilo dijual variatif mulai 35 juta rupiah hingga 150 juta rupiah.
“Untuk satu cincin bacan biasa, ada 700 ribu rupiah hingga 5 juta rupiah. Batu Ambon, batu bacan 1 juta hingga 10 juta rupiah per cincin,” terangnya.
Iwan dan Karim mengakui, tiap hari ada keuntungan yang mereka peroleh dari penjualan batu akik.
“Ya untuk makan dan keperluan lainnya tiap hari cukup untuk membantu keluarga,” terang Iwan dan Karim.

RABU, 12 Agustus 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...