Penuhi Energi Listrik, 15 Pembangkit Baru akan Dibangun di Kaltim

BALIKPAPAN — Sekitar 15 pembangkit baru akan dibangun secara bertahap hingga 2019 di wilayah Kalimantan Timur untuk memenuhi kebutuhan energi listrik. Pasalnya, listrik di Kalimantan mengalami defisit sekitar 23 persen atau 1600 megawatt. 
Dirut PLN (Persero), Sofyan Basir mengungkapkan, masa pembangunan pembangkit cukup panjang 2-3 tahun ke depan. Untuk Pembangkit listrik Tenaga Gas (PLTG) ada beberapa yang sudah berjalan dan dua Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) yang bagus diperkirakan pertengahan tahun dapat beroperasi. 
“Waktu cukup panjang yakni 2-3 tahun untuk pembangunan pembangkit. Kecuali untuk PLTG ada beberapa yang sudah berjalan dan PLTU 2 ada yang bagus mungkin pertengahan tahun ini sudah berjalan,” terangnya dalam keterangan pers mengenai kedaulatan energi yang diikuti perwakilan Kementrian ESDM, SKK Migas, Mentri Keuangan dan Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, di Balikpapan, Selasa (11/8/2015).
Sofyan berjanji akan memonitor dan mengupdate elektrifikasi listrik di Kaltim sehingga progress dapat terpantau.
Sofyan juga menyinggung elektrifikasi listrik di Kalimantan. Menurutnya untuk keseluruhannya akan bertambah 2800 MW yakni lebih kurang ada 40 pembangkit.
“ Yang terbesar adalah pembangkit mulut tambang. Juga ada tambah 7500 sirkuit untuk transmisi, 3910 mega volt amper untuk gardu induk lebih kurang 115 proyek,” sebutnya tanpa menyebut detil lokasi pembangunan pembangkit listrik.
Itu semua katanya dalam rangka memenuhi elektrifikasi hingga 97 persen pada 2019.
“ Mudah-mudahan ini bisa terbangun dengan baik dengan adanya dukungan semua pihak, termasuk pemda dan masyarakat seperti dalam pembebasan lahan,”harapnya.
Gubernur Kalimantan Timur, Awang Kaltim mengatakan, pembangunan pembangkit listrik di Kaltim-Kaltara ini juga akan menyentuh daerah perbatasan seperti Mahakam Ulu. 
“ Disana akan dibangun PLTD,” tambahnya.
Awang berharap dengan pembangunan pembangkit listrik di kalimantan Timur ini kebutuhan energi listrik untuk masyarakat dapat terpenuhi seiring dengan pertumbuhan penduduk dan perekonomian.
SELASA, 11 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...