Persiapan Berhaji, 235 JCH Kota Ambon Ikuti Manasik

AMBON — Memberikan bekal pengetahuan dan persiapan praktik pelaksanaan serta gambaran tata cara pelaksanaan ibadah haji secara langsung kepada jamaah yang akan berangkat beribadah ke Tanah Suci, 235 orang (laki dan perempuan) Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Ambon, Sabtu pagi (29/8/2015), mengikuti manasik haji yang diselenggarakan di tiga lokasi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, H. Hanafi Kasim, M.MPd melalui Kasi Penyelenggara Haji dan umrah, Wahab Putuhena menyebutkan, di samping melatih ketahanan fisik jamaah, simulasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada JCH, sehingga dapat melakukan secara benar.

“Simulasi ini dilakukan setiap tahun bagi para jemaah calon haji agar bisa paham. Sehingga ketika mereka tiba di Tanah Suci tidak bingung,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan simulasi, Kemenag mengilustrasikan Madrasah Aliyah Negeri Tulehu Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah menjadi kota Mekkah. Rindam Suli sebagai Kota Madinah dan Kampus Universitas Darussalam Ambon sebagai Mina.
Tidak hanya persiapan ilmu dan mental, JCH juga dipersiapkan kesehatan, sehingga dapat melaksanakan ibadah dengan lebih maksimal.

“Alhamdulillah untuk 235 JCH asal kota Ambon ini kesiapan sebelum berangkat sudah beres. Kondisi kesehatan mereka juga alhamdulillah baik. Kita doakan agar mereka mulai berangkat hingga kembali dalam situasi tetap sehat dan menjadi haji mabrur,” tutur Wahab sambil mendoakan 235 JCH Kota Ambon tersebut.
Disebutkan, khusus Kota Ambon, pelepasan 235 JCH Ambon akan dilakukan oleh Wali Kota Richard Louhenapessy, di geduang Ashari Al Fatah Ambon, pada Senin (31/8/2015). Dan keberangkatan pada 4 September 2015. JCH Ambon masuk kloter 12.
Sedangkan untuk keseluruhan JCH provinsi Maluku sebanyak 569 orang dibagi dalam dua kloter yaitu 12 dan 13. Pelepasan keseluruhan 569 JCH asal Provinsi Maluku pada 1 September 2015 oleh Gubernur, Said Assagaf, bertempat di gedung Ashari Al Fatah Ambon.
Selanjutnya pada 4 September 2015 kelompok pertama atau Kloter 12 terdiri dari JCH asal Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tenggara, Kabupaten Buru, Seram Bagian Timur, Buru Selatan, kabupaten Aru dan Maluku Tenggara Barat, diberangkatkan pada pukul 12.05 WITA. Berikutnya, pada 6 September melalui embarkasi Makassar diterbangkan ke Jeddah, Saudi Arabia. Kelompok kedua atau kloter 13 juga berangkat ke Jeddah tanggal 6 September pukul 20.35 Wita.
Kloter 13 terdiri dari Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), dan sebagian dari JCH asal Makasar guna mencukupi dua Kloter tersebut.

Ke 569 JCH asal Maluku ini keberangkatannya dari Bandara Internasional Pattimura, menumpangi penerbangan Garuda menuju Kota Makassar. Sesuai keputusan presiden (Keppres) Nomor 64 tahun 2015, zona Maluku masuk embarkasi Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Direncanakan, pasca menunaikan Ibadah Haji para JCH asal Maluku ini akan kembali ke tanah air masing-masing kloter 12 terbang pada 14 Oktober 2015 langsung dari Madinah ke Indonesia. Dan kloter 13 pada 15 Oktober 2015.

SABTU, 29 Agustus 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...