Persiapan Pra PON, Tim Sepakbola Papua Gelar Tes Kestabilan Fisik

Latihan Pemain Sepakbola Pra PON Papua
JAYAPURA — Tim Sepakbola Papua mulai melakukan latihan fisik sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi Pra Pon yang akan digelar dalam waktu dekat di daerah tersebut. Latihan fisik perdana diawali dengan tes VO2 Max atau volume maksimal oksigen yang diproses setiap para pemain. 
Pelatih kepala tim sepakbola Pra PON Papua, Djoko Susilo menuturkan, sesuai dengan jadwal, anak asuhnya, telah melakukan latihan sejak 2 Agustus 2015 lalu, akan tetapi latihan tersebut baru terlaksana, karena dirinya tiba di Jayapura usai liburan liburan Idul Fitri lalu.
“Intruksi dari Pansus belum ada, jadi saya tertahan di kampung halaman. Sekarang baru lakukan latihan lagi,” kata Susilo saat latihan fisik di Halaman GOR Waringin, Abepura, Jumat (14/08/2015).
Ia mengaku adanya keterlambatan soal latihan yang juga mempengaruhi program, dimana pihaknya telah menyusun untuk mencapai target lolos ke PON di Bandung. 
“Kami masih tetap dengan target awal dengan meraih emas dan lolos ke PON. Tapi, sedikit ganjalan karena persiapan tim terganggu dengan ketidakpastian tray out,” tuturnya.
Materi latihan yang telah dilakukan adalah tes VO2 Mas untuk melihat kestabilan fisik para pemain. Karena, menurutnya, sebelum liburan VO2 Max para pemain cukup bagus. Sehingga harus dilakukan tes tersebut.
“Ini untuk mengecek apakah liburan selama satu bulan lebih ini mempengaruhi fisik pemain atau tidak,” ujarnya.
VO2 Max sendiri adalah volume maksimal oksigen yang diproses oleh tubuh manusia pada saat melakukan kegiatan yang intensif, yang merupakan suatu tingkatan kemampuan tubuh yang dinyatakan dalam liter per menit atau milliliter per menit per kilogram berat badan.
Usai menguji kadar oksigen para pemain dengan lari sprint dan beban. mantan pelatih Persiwa Wamena itu berharap timnya segera melakukan tray out sehingga kemampuan pemain dapat diukur lebih jauh.
“Manfaat tray out kan ada banyak, mulai dari segi kemapanan sebuah tim, lebih fokus dan bisa mendapatkan lawan ujicoba yang lebih banyak. Daerah Jawa Timur sangat cocok untuk tim ini melakukan ujicoba, kerana tim-tim disana banyak yang bisa melakukan ujicoba dengan kami,” katanya.
Kini, pihaknya inginkan anak asuhnya lolos dari Pra PON  “Lolos dari Pra PON dulu baru pikir Bandung. Kami ini tuan rumah Pra PON, jadi kami harus raih emas dan lolos PON,” tutupnya.
JUMAT, 14 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...