Pertigaan Kartasura, Penghubung Tiga Kota Besar yang Tak Pernah Sepi

SOLO — Kartasura atau yang biasa disebut ” Kartosuro ” oleh warga setempat, merupakan salah satu Kecamatan di wilayah Kabupaten Sukoharjo, letaknya di sebelah barat kota Surakarta ( Solo ). Dahulu pada sekitar sabad ke 15, di Kartasura sempat menjadi pusat Kerajaan ( Kesultanan ) Pajang pada jaman kerajaan Islam Mataram, yang petilasannya masih ada sampai sekarang.
Kartasura letaknya sangat strategis, lokasinya di jalan Ahmad Yani, Sukoharjo Jawa Tengah, dimana pertigaan tersebut merupakan jalan arteri penghubung tiga kota besar antara Surakarta -Yogyakarta – Semarang, sehingga sehari semalam tidak pernah sepi dari aktivitas warga masyarakat keluar masuk pasar Kartasura, maupun lalu lintas kendaraan bermotor.
Slamet, salah satu tukang ojek yang biasa mangkal di pertigaan Kartasura mengatakan, di sekitar bundaran patung Kartasura ini, selama 24 jam tidak pernah sepi dari lalu – lalang kendaraan bermotor, di sini banyak orang yang menunggu kedatangan bus.

“biasanya mereka mau bepergian ke Semarang, ke Yogyakarta atau Surabaya lewat Surakarta,” terangnya.

Totok, salah satu penumpang yang menunggu kedatangan bus mengatakan, dirinya mau ke Semarang, biasa menunggu kedatangan bus Safari Darma Raya jurusan Solo – Semarang PP di pertigaan Kartasura.

“Saya kerja di Sukoharjo, tiap akhir pekan pulang ke Semarang ” jelasnya.

Sementara itu Retno, seorang penumpang perempuan mengaku mau ke Jogyakarta, ada acara keperluan keluarga. Dia yang asli warga sekitar menyebutkan pertigaan Kartasura tidak pernah sepi dari aktivitas kendaraan bermotor sehingga memudahkan akses kemana saja.

“Tidak perlu repot – repot ke Terminal atau ke Stasiun ” terangnya.

Retno menambahkan, tiap 15 menit sekali, bus jurusan jarak jauh antar kota antar provinsi ( AKAP ) lalu – lalang lewat sini, sekaligus berhenti menaik turunkan penumpang.
Dari malam hingga dini hari menjelang Subuh, ratusan kendaraan melintas silih berganti melewati pertigaan Kartasura, baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik yang menuju ke arah Surakarta, ke Semarang maupun ke Yogyakarta, mulai dari jenis kendaraan berat jenis truk, bus, taksi, mobil pribadi sampai sepeda motor memanfaatkan jalur tersebut.
Sementara itu, aktivitas pasar Kartasura juga sudah mulai terlihat ramai, banyak pedagang mulai menata barang dagangan, dan pembeli terlihat mulai berdatangan, walaupun hari masih gelap, namun mereka tidak khawatir dengan keamanan dan keselamatannya. Karena di seberang jalan, tepatnya depan pasar Kartasura terdapat kantor polisi Polsek Kartasura, yang siaga 24 jam siap melayani dan mengayomi masyarakat yang membutuhkan bantuan atau keperluan lainnya.

SABTU, 22 Agustus 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...