hut

Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Tengah Cenderung Menurun

SEMARANG — Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir menyebutkan, secara umum di tahun 2015, pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia menunjukkan tren penurunan dan cenderung mengalami perlambatan, tidak terkecuali di Provinsi Jawa Tengah.

Hal tersebut disampaikannya dalam seminar sehari yang bertajuk ” Optimisme Di Balik Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia “di Semarang, Senin (31/08/2015).

Iskandar Simorangkir menambahkan, pada tahun 2015, Pertumbuhan Ekonomi secara Nasional sebesar 4,67 %, menurun jika dibandingkan pada Triwulan I sebesar 4,72 %. Sedangkan pertumbuhan ekonomi Provinsi Jawa Tengah pada Triwulan II sebesar 4,8 %, juga sama, cenderung menurun dibandingkan Triwulan I sebesar 5,5 %, terangnya.

Sementara itu, Menteri Riset dan Tekonologi ( Menristek ), Mohamad Nasir menyebutkan, untuk menghadapi persaingan global dan mengatasi permasalahan ekonomi perlu adanya kesiapan sumber daya manusia (SDM). Untuk mendapatkannya, perlu adanya kemajuan dalam pendidikan, terutama di perguruan tinggi.

“Salah satunya dengan mengupayakan dosen yang memberikan kuliah di perguruan tinggi memenuhi standarisasi internasional,”katanya.

Seminar tersebut diselenggarakan atas kerjasama antara Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia ( ISEI ). Seminar sehari tersebut diadakan sebagai salah satu bentuk ” keyakinan ” atau optimisme di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi secara global, baik secara regional dan maupun secara nasional.

SENIN, 31 Agustus 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...