Pesawat Tempur Canggih Milik TNI AU Diminati Kerajaan Thailand

YOGYAKARTA — TNI AU memiliki 15 Pesawat Tempur Jenis T-50 Golden Eagle, yang ternyata membuat Angkatan Udara Kerajaan Thailand, Royal Thai Air Force (RTAF) menginginkannya. Pesawat dengan corak warna kuning, biru dan kelabu itu diklaim sebagai pesawat canggih. Dengan teknologi avionic, dan kecepatan pesawat itu mampu melebihi Sukhoi dan F 16. Karena kemampuannya itu, Pesawat T-50 Golden Eagle dijuluki sebagai pesawat tempur taktis.
Pesawat Tempur Jenis T-50 Golden Eagle, selama ini bermarkas di Skadron 15 Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur. Namun hari ini, Sabtu (22/08/2015), dua di antara 15 pesawat taktis milik Skadron 15 Iswahyudi tersebut berada di Landasan Udara Adisucipto Yogyakarta. Dua pesawat itu sengaja didatangkan, untuk menyambut tamu perwira tinggi Angkatan Udara Kerajaan Thailand (RTAF), yang berminat memiliki pesawat tempur taktis terbaru buatan Korea Selatan tersebut.  
Dua pesawat taktis T-50 Golden Eagle, masing-masing dengan  Nomor Ekor TT 5014 dan  TT 5002 akan menjalani Static Show, guna mempertontonkan kehebatan manuver. Static Show itu diadakan bukan sekedar untuk memamerkan kebolehan para pilot tempur TNI AU. Namun, juga sebagai bahan pertimbangan bagi Kerajaan Thailand untuk memilikinya.
Letkol Penerbang Marda Marjono, Komandan Skadron 15 Iswahyudi saat tiba di Lanud Adisucipto mengatakan, kelebihan pesawat T-50 Golden Eagle itu antara lain memiliki teknologi avionic yang cukup maju. Kemampuannya mampu mengungguli pesawat tempur sekelas F 16 dan Sukhoi buatan Amerika yang selama ini dianggap paling kuat tenaganya.
Dengan berbagai keunggulan Golden Eagle itu, kata Marjono, pesawat tersebut sering dijuluki sebagai pesawat taktis dan praktis. “Pesawat itu mampu terbang dengan kecepatan tinggi, mengungguli pesawat tempur lainnya. Itulah mengapa Kerajan Thailand tertarik untuk mengoperasikan pesawat itu”, ujarnya. 
SABTU, 22 Agustus 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...