Pleno KPU Lampung Selatan Tetapkan Tiga Calon Kepala Daerah

LAMPUNG — Setelah menunggu beberapa waktu setelah pendaftaran bakal calon kepala daerah (calonkada) akhirnya para peserta bakal calon kepala daerah bernafas lega. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan akhirnya menetapkan tiga pasang bakal calon untuk menjadi calon bupati dan wakil bupati Lampung Selatan (Lamsel) untuk masa bakti 2016-2021. Setelah dilakukan rapat pleno akhirnya status bakal calon kepala daerah tersebut secara resmi dinyatakan sebagai calon dalam rapat pleno penetapan di KPU Lampung Selatan.
Sesuai jadwal yang jauh-jauh hari direncanakan, pada Senin (24/8/2015) KPU Lampung Selatan yang dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Lampung Selatan yang diketuai Abdul Hafid, serta beberapa anggota diantaranya Sri Fatima, Titik Sutriningsih, Mislamuddin serta Hendra Apriyansah.
Menurut salah satu anggota komisioner KPU Lampung Selatan, Sri Fatima,dengan adanya rapat pleno tersebut maka status para bakal calon kepala daerah yang sebelumnya sudah mendaftar kini sudah resmi berstatus sebagai calon. 
“Setelah semua proses termasuk berbagai macam verifikasi dilakukan maka semua bakal calon hari ini ditetapkan sebagai calon jika sebelumnya masih sabagai bakal calon,”ungkap Sri fatima di KPU Lamsel, Senin (24/8/2015).
Berdasarkan data KPU Lamsel, tiga calon yang sudah ditetapkan menjadi calon bupati serta wakil bupati Lampung Selatan dan akan bertarung dalam pemilukada di Lampung Selatan diantaranya: pasangan Zainudin Hasan-Nanang Ermanto yang diusung oleh Partai Amanat NAsional (PAN), Partai Nasdem, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sebagai pasangan yang mendaftar di KPU Lamsel pada tanggal 27 Juli 2015 lalu pasangan ini menjadi pasangan pertama yang mendaftar untuk pertarungan di Pilkada Lamsel.
Pasangan kedua yakni pasangan Rycko Menoza-Eki Setyanto yang merupakan pasangan incumbent. Pasangan ini menggunakan perahu Partai Demokrat serta Hanura untuk maju di Pilkada Lamsel. Pasangan yang selama lima tahun sebelumnya pernah memimpin Lampung Selatan ini mendaftar di KPU Lampung Selatan pada tanggal 27 Juli 2015 lalu.
Satu pasangan calon Pilkada Lampung Selatan yang merupakan “wjah baru” dibanding kedua pasang calon sebelumnya yang sama sama pernah bertarung dalam Pilkada Lamsel di tahun sebelumnya, yakni, pasangan Soleh Bajuri-Ahmad Ngadelan Jawawi. Pasangan ini merupakan pendatang baru dalam kancah pilkada Lamsel dan mendaftar di KPU Lampung Selatan pada tanggal 28 Juli 2015 dengan menggunakan perahu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra.
Penetapan calon tersebut ungkap Sri Fatima, sudah berdasarkan tahapan-tahapan yang dilalui serta syarat yang dipenuhi oleh para calon. Syarat syarat tersebut tertuang dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 12 tahun 2015. Persyaratan yang harus dipenuhi para calon diantaranya: Sehat jasmani dan rohani, tidak menggunakan narkotikan, ijazah tervalidasi, tidak pernah dituntut hukuman lima tahun kurungan, tidak terlibat kepengurusan partai politik dan sejumlah syarat penting lainnya.
Agenda setelah penetapan calon dipastikan pengundian nomor urut pasangan calon esok hari Selasa (25/8). Sementara dari pantauan Cendana News di berbagai wilayah pedesaan Lampung Selatan para pasangan calon sudah menebarkan berbagai spanduk, baner, baliho terkait program program jika terpilih sebagai kepala daerah di Lampung Selatan.
Untuk diketahui, Provinsi Lampung akan menyelenggarakan pemilukada serentak di delapan Kabupaten/ kota. KPU Provinsi Lampung bahkan mereka sudah mulai menyusun tahapan dan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat.
Delapan daerah yang akan menyelenggarakan pemilukada di wilayah Provinsi Lampung  ialah kota Bandar Lampung, Lampung Selatan, kota Metro, Pesawaran, Lampung Timur, Way Kanan, Lampung Tengah, dan Pesisir Barat.

SENIN, 24 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...