Radio Siger, Penyampai Informasi dan Hiburan di Perairan Selat Sunda

Ruang siaran Radio Siger
LAMPUNG — Tak banyak yang tahu, jika di Menara Siger Lampung ada sebuah radio yang hingga kini menjadi sumber informasi bagi warga di Bakauheni dan sekitarnya. Bagi sebagian masyarakat, Menara Siger merupakan bangunan seperti menara yang menjadi ikon Lampung. Bangunan dengan dominasi warna kuning berbentuk mahkota wanita khas Lampung ini terlihat jelas dari kapal kapal yang ada di Selat Sunda.
Namun siapa sangka, dari lantai dua, setiap hari mengudara siaran informasi, musik serta hiburan. Siaran tersebut menjadi “teman” bagi para nahkoda kapal, crew kapal kapal roll on roll off (Roro) yang melintas di perairan Selat Sunda. Radio tersebut adalah Radio Siger yang memiliki frekuensi 107.0 FM. Dan berdasarkan sejarahnya, hingga kini telah berusia sekitar enam tahun sejak berdirinya pada tahun 2010.
Menurut salah satu crew Radio Siger 107.0 FM, Devi Caem yang merupakan satu dari lima anouncer (penyiar) yang ada, keberadaan radio di ujung Selatan Pulau Sumatera masih diminati oleh warga di seputaran Bakauheni, Ketapang bahkan hingga ke Pulau Jawa dantaranya hingga ke daerah Anyer, Serang Provinsi Banten.
Hal tersebut dapat diketahui melalui asal pengirim sms yang masuk setiap hari yang diperuntukan untuk pendengar yang ingin merequest lagu dan lainnya.
“Keberadaan radio Siger yang berada di Menara Siger ini memang masih kurang dikenal namun jika yang sudah biasa mendengarkan radio pasti sudah mulai mengenal radio ini,”ujar Devi Caem saat ditemui Cendana News di ruang siaran radio Siger FM yang mengahadap langsung ke Selat Sunda Senin (3/8/2015).
Disebutkan, jumlah radio di wilayah Lampung Selatan tak sebanyak hitungan jari tangan, namun keberadaan radio masih tetap diminati di tengah tengah kesibukan masyarakat. Di radio tersebut tidak hanya berisi hiburan, tetapi informasi terkini yang terjadi di daerah setempat maupun skala nasional yang disadur dari beberapa media, salah satunya Cendana News.
“Sebagai satu satunya radio yang ada di ujung Selatan Pulau Sumatera ini kita ikut berperan aktif dengan memberikan informasi yang bersifat edukatif bagi masyarakat dan tentunya juga ada hiburan melalui musik yang kita putar,”ungkap Devi.
Tingginya trafic interaksi melalui SMS terjadi pada malam hari saat pendengar beristirahat dari rutinitas dan ingin mendengarkan lagu kesukannya. Dalam satu hari jumlahnya mencapai ratusan.
“Bahkan hingga kami melewati batas waktu siaran saat segmen tertentu karena banyak sms yang harus kami baca sekedar berkirim salam atau requst lagu,”ungkap Devi.
Menurutnya selain keberadaan radio yang ada di Menara Siger ini, penyiar radio juga memiliki peran yang cukup besar dalam menjaga eksistensi radio tersebut.
Keberadaan Radio Siger FM bagi para pendengar yang disebut sebagai 3sFM (dibaca Three S FM atau audience radio Siger FM) tersebut hingga saat ini rata rata adalah anak muda.
“Kami berinteraksi melalui SMS dengan para audience yang rata rata banyak meminta lagu kepada kami untuk diputarkan lagu lagu hiburan,”ungkapnya.
Tidak hanya on air, radio ini juga aktif dalam kegiatan off air untuk anak anak TK diantaranya kegiatan lomba menggambar, kegiatan mewarnai. Sementara untuk remaja kegiatan yang rutin dilakukan diantaranta jogging serta kegiatan kerajinan.
Perkembangan teknologi juga mendukung eksistensi radio, dengan adanya fasilitas streaming yang ditawarkan oleh setiap saluran radio juga mempermudah masyarakat untuk tetap mengaksesnya dimana pun. Di saat orang-orang sudah mulai malas menggunakan radio analog, teknologi streaming muncul dan memudahkan kita untuk mengakses radio. Namun diakui, Radio Siger FM yang dipimpin oleh Asri Hadi sebagai direktur radio ini,Radio Siger masih dalam tahap pengembangan lagi agar radio ini bisa diakses via streaming.
“Beberapa tahun lalu pernah bisa diakses melalui streaming tapi ada maintenance dan kita akan usahakan agar siaran Siger FM bisa kembali diakses melalui Streaming,”ungkap Devi.
Selain itu sebagai informasi ada Warta Siger yang isinya berita berita kejadian kejadian langsung dari pantauan crew Siger FM, beberapa berita dari media online salah satunya dari Cendanaews.com serta beberapa media lokal yang bersifat up to date serta informatif. 
Selain memberikan pelayanan via udara, ke depan Radio Siger FM bahkan akan mendirikan sebuah sanggar kesenian yang akan mengakomodir bagi remaja, anak anak yang ada di Bakauheni. Sementara dalam waktu dekat HUT ke-7 radio Siger FM akan mendukung dengan beberapa kegiatan yang ikut menyemarakkan dan mendukung penuh hari kemerdekaan RI ke-70.
Devi mengungkapkan untuk memperoleh informasi dari Radio Siger FM bisa dipantau di frekuensi 107.0 FM dan request lagu atau memberikan informasi terkait hal hal yang ada di sekitarnya bisa mengirimkan sms ke nomor: 082281008983.

SENIN, 03 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...