Ratusan JCH Asal NTB Terancam Tidak Bisa Berangkat

MATARAM — Sebanyak 360 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Dompu dan Lombok Barat ,Nusa Tenggara Barat (NTB) terancam tidak bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah, pasalnya hingga hari pertama pemberangkatan kloter jamaah haji, visa keberangkatan belum juga diterima.
“Untuk kloter pertama saja, dari 360 JCH yang akan diberangkatkan jam 15.00 Wita sore nanti, 41 di antaranya gagal berangkat, karena sampai hari ini visa belum juga keluar,” Kata Kepala Bidang Haji dan Umrah Kemenag NTB, Maad Umar di Mataram, Jumat (21/8/2015).
Maad mengatakan, terlambatnya keluar visa 360 JCH dan gagalnya berangkat 41 JCH disebabkan karena ada dokumen yang belum lengkap dan itu sepenuhnya diurus lansung Kemenag RI di Jakarta dengan pemerintah Arab Saudi.
Meski demikian, Maad memastikan 41 JCH yang hari gagal berangkat, akan diberangkatkan pada pemberangkatan kloter kedua dan ketiga, sementara 360 JCH yang visanya belum keluar mulai malam nanti sudah dijanjikan Dirjen Kemenag akan keluar bersama JCH dari daerah lain yang juga belum keluar.
“Namun pastinya saya minta kepada semua JCH baik yang visanya belum keluar maupun yang keberangkatannya hari ini tertunda untuk tetap tenang, karena Kemenag NTB menjamin bahwa semua JCH yang sudah terdaftar keberangkatannya tahun ini dipastikan akan tetap berangkat menunaikan ibadah haji,”katanya.
Lebih lanjut maad mengatakan sampai saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kemenag RI di Jakarta terkait visa 300 JCH yang belum keluar, termasuk yang gagal berangkat hari pada kloter pertama hari ini, karena visanya belum keluar.

JUMAT, 21 Agustus 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...