Ratusan Pencinta Batu Mulia Ikuti Kontes Akik Piala Walikota Surabaya

SURABAYA — Pameran batu akik yang diberi nama Soerabaia Gemstone Expo ini digelar di Atrium Cito Mall Surabaya. Acara ini digelar selama empat hari, yakni dari tanggal 26-30 Agustus 2015 yang diselenggarakan oleh Liberty. Pameran batu akik ini diikuti oleh 135 stand pameran, serta ratusan kontestan yang ingin memperebutkan piala walikota Surabaya.
Tujuan diadakannya pameran batu akik ini, untuk menarik minat dan menggairahkan kembali tren batu mulia. Selain ada kontes batu akik, juga ada hiburan serta edukasi tentang batu.
Menurut Ketua Panitia Soerabaia Gemstone Expo, Kristanto Wahyu acara ini banyak peminatnya, mulai dari kolektor maupun pecinta batu mulia.
“Banyak kolektor dan pecinta batu mulia yang datang kesini,” Jelasnya saat ditemui Cendana News, Kamis (27/8).
Kontes sendiri ada terbagi dala, 26 cabang yang bisa diikuti oleh peserta. Penilaiannya meliputi kejernihan batu, potongan batu, gosokan batu halus atau tidak, natural, serta paling penting, harus ada kelengkapan laboratorium mengenai kandungan mineral dan jenis batunya.
Menurut salah satu juri, Eko Apriyanto kompetisi ini dinilai dari berbagai kategori yaitu dari motif, clarity, dan jenis batuan.
“Yang biasanya diikutkan lomba oleh para kontestan yaitu jenis batu Kalsedon, Agathe, Jasper dan Amatis,” ujarnya.
Pengumuman pemenang sendiri akan diumumkan pada tanggal 30 Agustus dengan dihadiri Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang sekaligus menyerahkan hadiah serta piala Walikota Surabaya.

KAMIS, 27 Agustus 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...