Reog Ponorogo Layak Dicoba Jadi Tokoh Superhero Anak Indonesia

JAKARTA — Saat ini, masih sedikit tokoh superhero di Indonesia yang diangkat dari kebudayaan daerah. Padahal, dari segi seni dan kreatifitas, sangat banyak ikon daerah yang dapat diangkat menjadi superhero. Salah satunya adalah Reog Ponorogo.
Reog Ponoroga yang merupakan salah satu kebudayaan Jawa, jika dikemas sedemikian rupa menjadi sangat menarik, seperti yang terlihat pada topeng reog ponorogo yang di jual pedagang asal Cirebon yang di panggil cepot di kawasan Utan Kayu Jakarta Timur.

Corak hewan singa berwarna-warni yang diangkat oleh cepot untuk menarik perhatian masyarakat lintas usia. Tidak hanya anak kecil, orang dewasa juga tertarik menjadikannya sebagai hiasan dinding.

“Biasanya yang datang membeli adalah anak-anak, akan tetapi terkadang anak muda juga membeli, menurut mereka untuk dijadikan hiasan dinding di kamar rumah dan kostan,” papar cepot kepada Cendana News di Jakarta, Minggu (30/08/2015).

Besarnya tingkat antusias masyarakat terhadap reog ponorogo, pembeli mau merogoh koceknya 25,000 rupiah untuk satu buah topeng. Meski harga ini menurut cepot masih terjangkau bagi masyarakat karena masih bisa ditawar lagi. 

“Kadang 20,000 rupiah saja sudah saya lepas ke konsumen,” tambah ayah dua anak tersebut.
Selain mendapat keuntungan, dia berharap dapat melestarikan kebudayaan nusantara kepada anak-anak di kota-kota besar. dan kedepannya ia mendambakan objek budaya Indonesia lainnya yang bisa diadaptasi menjadi mainan anak-anak.

Ketika ditanya mengapa ia orang Cirebon mencoba berdagang mainan topeng dengan budaya dari Ponorogo Jawa Timur,  maka cepot menjawab enteng, bahwa dia orang Indonesia, dan kesenian Reog Ponorogo adalah kebudayaan Indonesia,  milik seluruh rakyat Indonesia.

MINGGU, 30 Agustus 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...