Ribuan Narapidana Lembaga Permasyarakatan Mataram Dapatkan Remisi

MATARAM — Ribuan narapidana dan narapidana anak Lembaga Pemasyarakatan (LP) Mataram mendapatkan remisi atau pengurangan masa tahanan. Gubernur NTB, Zainul Majdi menyebutkan, pengurangan masa penahanan tersebut diberikan di hari ulang tahun  ke-70 kemerdekaan Indonesia di halaman tengan LP Mataram.
“Pemberian remisi tersebut dikarenakan para narapidana selama menjalani hukum berkelakukan baik. Selain itu pemberian remisi juga diharapkan akan menjadi motivasi bagi para narapidana lain terutama yang mendapatkan, supaya kalau sudah terbebas bisa menjadi lebih baik lagi, berbaur dengan masyarakat lain secara normal,” kata Majdi di LP Mataram, Senin (17/8/2015)
Menurut Majdi, pemberian pengurangan masa tahanan juga merupakan bagian dari spirit peringatan HUT kemerdekaan Indonesia, bahwa setiap orang masyarakat berhak mendapatkan jaminan rasa aman dari ketakutan akan tindakan diskriminatif di mata hukum, termasuk juga bagi para narapidana dan narapidana anak untuk mendapatkan pengampunan.
Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Maruahal simanjuntak menyebutkan, jumlah narapidana dan narapidana anak yang mendapatkan pada HUT ke-70  NKRI kali ini sebanyak 1207 orang
“Dari jumlah tersebut, remisi yang diterima para napi dan napi anak, jumlahnya bervariasi sesuai remisi, kalau remisi umum, antara satu sampai enam bulan, sementara remisi dasawarsa 3 bulan dan 34 di antaranya hari ini langsung bebas,” katanya.
Lebih lanjut, Maruahal berharap kepada para penghuni yang sudah menikmati udara bebas supaya kembali berbaur bersama keluarga termasuk ke tengah masyarakat dan tidak lagi mengulangi perbuatannya, karena LP rasanya sudah penuh untuk diisi kembali dengan napi pelaku kejahatan maupun napi tipikor.
SENIN, 17 Agustus 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...