Risma: Kenaikan Dana Bopda untuk Guru Masih Dalam Kajian

SURABAYA — Wacana tentang kenaikan Bantuan Operasional Pendidikan Daerah (Bopda) sudah digodok sejak dua tahun lalu. Kajian mengenai jadi tidaknya kenaikan dana Bopda masih menunggu dari hasil studi kajian.
“Rencananya pemkot akan menaikkan Bopda di tahun ajaran 2016 hingga 2017, namun untuk besarannya masih dalam tahap studi kelayakan,” kata Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.
Kesejahteraan guru tidak hanya masalah gaji, tetapi juga kesejahteraan keluarganya juga harus dijaga. Agar guru pun mampu mengajar dengan baik dan berkonsentrasi penuh dalam kegiatan belajar mengajar.
“Jika Bopda naik, namun kesejahteraan guru tidak naik, maka dinilai tidak adil,” ujarnya.
Kesejahteraan guru diharapkan meningkat dari sebelumnya, khususnya bagi guru yang gajinya masih dibawah kelayakan. Jika hal itu tidak terjadi maka akan terjadi ketidakadilan.
“Bahwa kesejahteraan guru hendaknya merata. Tidak hanya sekolah negeri di Surabaya, tetapi juga terhadap sekolah swasta. Apalagi, baru-baru ini Pemkot Surabaya sudah menandatangani perjanjian pemberian dana hibah kepada sekolah swasta,” tuturnya
Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya sudah memberikan dana 14 miliar Rupiah ke sekolah swasta untuk pembangunan gedung sekolah.
“Salah satu kendala untuk menaikkan dana Bopda ini adalah akan diberlakukannya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, yang salah satu poinnya yaitu menghapus kewenangan kabupaten atau kota untuk mengelola pendidikan menengah SMA atau SMK dan pendidikan khusus,”
Selain itu, pengelolaannya akan diserahkan kepada provinsi dan batas akhir penyerahan personel, pembiayaan, prasarana dan sarana, serta dokumen (P3D) pada 2 Oktober 2016.
“Memang peraturan itu yang menjadi masalahnya, namun itu masih belum kita pikirkan, sehingga kita bahas yang lainnya saja dulu,” tuturnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Surabaya, Ikhsan menambahkan, proses penganggaran Bopda terus dilakukan dan saat ini baru dibahas di tingkat eksekutif. 
“Pembahasan baru ditingkat eksekutif, apabila ini tuntas, maka akan dilanjutkan pembahasannya ke tingkat legislatif, dan diharapkan tahun ini selesai agar segera dapat memberi manfaat kepada siswa, guru, dan sekolah,” tandasnya.
MINGGU, 23 Agustus 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...