Ruang Khusus Wanita di Dalam Bus Ajarkan Rasa Kebersamaan

JAKARTA — Ide Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pengelolaan Bus Trans Jakarta menjadi angkutan massal yang bermartabat adalah salah satu nilai positif kehadiran Busway.
Salah satu cara pengelola Trans Jakarta adalah dengan membuat area tempat duduk yang dinamakan Ruang Khusus Wanita. Disini penumpang wanita lebih leluasa dan tenang dalam menikmati perjalanan, jauh dari bahaya pelecehan dan hal-hal tidak nyaman lainnya.
Dalam pantauan, sesama penumpang wanita area Ruang Khusus Wanita akan langsung menunjukkan rasa empati dengan memberikan tempat duduknya jika ada wanita yang membawa anak, hamil, atau sudah lanjut usia masuk kedalam Bus.
Reni seorang penumpang yang membawa balita mengatakan ia sudah lima menit tidak diberikan tempat duduk saat berdiri di tengah Bus sekitar satu meter dari area duduk pria.

“beruntung saat penumpang naik dari Gang Sentiong saya tergeser ke area khusus wanita, dan ada penumpang wanita yang langsung berdiri memberikan tempat duduknya kepada saya,” papar Reni kepada CND.
Hal ini merupakan sebuah pencapaian positif dalam menumbuhkan rasa empati antar masyarakat di dalam Bus kota. Karena didalam Bus kota kita sebenarnya bukan sekedar naik Bus sampai tempat tujuan saja melainkan ada interaksi sosial, dimana empati dan simpati akan membaur menjadi satu.
Sudah saatnya masyarakat Jakarta memasuki tatanan modern dalam menggunakan kendaraan umum. Modern bukan dari fasilitas nyaman dan aman saja, namun modern secara perilaku sosial yaitu saling berempati serta menunjukkan simpati terhadap sesama pengguna kendaraan umum.

RABU, 26 Agustus 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...