Sejumlah Napi Rutan Ruteng Dapat Remisi Langsung Bebas

Rutan Kelas II-B Ruteng
FLORES — Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II-B Ruteng, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT, pada perayaan HUT RI ke-70 ini, memberikan remisi kepada para narapidana (napi) dan tahanan. Terhitung 135 napi mendapat remisi dengan jangka waktu yang beragam. Lima orang di antaranya adalah napi dengan perolehan remisi langsung bebas. 
Antonius H. Jawa Gili
“Itu betul. Pokoknya berkaitan juga. Ketika dihitung-hitung memang, ya ada hubungan dengan perayaan 17 Agustus juga. Yang mendapat remisi kemarin itu ada 135 orang. Ada 5 napi yang dapat remisi langsung bebas. Kemudian hari ini ada 1 orang lagi dapat remisi langsung bebas. Terkait rinciannya, nanti kita lihat di berkas,” ungkap Kepala Rutan Kelas II-B Ruteng, Antonius H. Jawa Gili Kepada Cendana News di ruang kerjanya, Selasa (18/08/2015).
Pemberian remisi, kata Antonius, sangat ditentukan oleh pertimbangan administratif dan substantif. “Mesti memenuhi syarat-syarat. Ada syarat substantifnya, ada syarat administratifnya. Kalau administratif berkaitan dengan masa tahanan. Sedangkan yang substantif itu berkaitan dengan apakah yang bersangkutan berkelakuan baik. Seperti itu saja,” jelas Antonius.
Terkait dengan syarat administratif, lebih lanjut dirinya menerangkan, makin lama seseorang menjalankan masa tahanan, makin besar pula remisinya. “Misalnya, yang jalankan masa tahanan 6 bulan dapat remisi 1 bulan. 1 tahun dapat remisi 2 bulan. Begitu seterusnya. Tapi batasnya remisi 6 bulan. Intinya, yang jalankan masa tahanan 5 tahun ke atas dapat remisi 6 bulan. Tapi juga, kami tetap perhatikan pula lama masa tahanan. Kalau cuma 1 tahun, kami tidak akan beri remisi,” bebernya.
Sebelumnya diberitakan, sejumlah napi Rutan Ruteng mendapatkan remisi pada saat perayaan HUT RI, 17 Agustus 2015. Berdasarkan data yang diperoleh Cendana News dari Sekretariat Rutan Kelas II-B Ruteng, selain beberapa di antaranya yang mendapat remisi langsung bebas, remisi juga diberikan mulai dari 1 – 6 bulan.
“Remisi 6 bulan, 7 orang. Remisi 5 bulan, 21 orang. Remisi 4 bulan, 10 orang. Remisi 3 bulan, 26 bulan. Remisi 2 bulan, 23 orang. Remisi 1 bulan, 43 orang,” urainya.
Sementara itu, sejumlah inisial nama yang mendapatkan remisi langsung bebas pada perayaan HUT RI, Senin (17/08/2015) kemarin, adalah BD (usia 28 tahun, pidana 1,4 tahun), MG (usia 22 tahun, pidana 1,6 tahun), DJ (usia 32 tahun, pidana 6 bulan 15 hari), HH (usia 24 tahun, pidana 2 tahun) dan RRB (usia 24 tahun, pidana 2 tahun). 
SELASA, 18 Agustus 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...