Semua Rumah Dihimbau Pasang Bendera Merah Putih

BUKITTINGGI –– Pemerintah Kota Bukittinggi mengimbau setiap warga yang berdomisili di kota seluas 25 km persegi itu untuk memasang bendera Merah Putih mulai dari tanggal 15 hingga 18 Agustus mendatang. Himbauan untuk mengibarkan bendera merah putih, diberlakukan mulai pukul 6 pagi hingga 6 sore. 
“Setiap rumah maupun kantor diharuskan memasang bendera Merah Putih pada tiga hari tersebut berhubung dengan Hari Kemerdekaan,” kata Sekretaris Daerah Yuen Karnova, Rabu (12/8).
Walau mengharuskan rumah maupun kantor memasang bendera, namun pihak Pemko tak menetapkan sanksi apapun bagi yang melanggar.
“Ini hanya himbauan, kami tidak mengenakan sanksi apapun, namun tentunya rasa cinta dan bela negara masyarakat akan jadi pertanyaan,” Lanjut Yuen.
Menurut Yuen inilah salah satu yang menjadi wujud kecintaan terhadap NKRI, jika tak mau mengibarkan bendera, patut dipertanyakan rasa nasionalismenya.
Dari pantauan Cendana News dilapangan, hanya kantor pemerintahan yang mengibarkan bendera. Sementara itu, rumah masyarakat masih jarang ditemui bendera merah putih yang berkibar.
“Besok baru akan kami pasang,” ujar Riyal (30) salah seorang warga Tangah Sawah Kota Bukittinggi.
Riyal mengaku, bukan soal kecintaan terhadap negara. Namun ia belum memiliki bendera Merah Putih.
“Dulu kami ada punya, namun sudah robek dimakan rayap, hari ini akan dibeli lagi,” pungkas Riyal.
SABTU, 15 Agustus 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...