Sepeda dan Becak Hias Ramaikan Karnaval Kemerdekaan di Sawojajar

MALANG — Kemeriahan perayaan HUT NKRI ke-70 masih terus dirasakan oleh masyarakat Malang khususnya warga Kelurahan Sawojajar Kota Malang hingga di penghujung bulan Agustus. Karnaval Kemerdekaan yang di gelar oleh kelurahan Sawojajar pada hari ini, Minggu (30/08/2015) selain bertujuan untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia juga untuk memberikan hiburan bagi masyarakat, seperti yang disampaikan oleh Arti Mudji selaku Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Kedungkandang.

Arti Mudji dalam sambutannya menyampaikan, rasa terimakasihnya kepada seluruh warga kelurahan Sawojajar yang turut serta dalam acara karnaval kali ini. Dirinya juga berharap agar kegiatan karnaval kali ini bisa berjalan dengan aman dan tertib serta bisa diadakan secara rutin pada setiap tahunnya.

Peserta Karnaval Kemerdekaan mulai diberangkatkan tepat pukul 13.30 Wib dengan rute pemberangkatan dari depan kantor Kelurahan Sawojajar menuju jalan Danau Toba, Danau Kerinci dan berakhir di pertigaan jalan Danau Tondano.

Peserta Karnaval Kemerdekaan berasal dari 16 RW yang ada dikelurahan Sawojajar. Berbagai macam atribut digunakan oleh para peserta. Berbagai kostum dari berbagai profesi yang ada di kalangan masyarakat juga turut di tampilkan seperti Tentara, Suster, Tukang jamu, seragam sekolah, hingga pakai yang sering digunakan petani.

Bahkan terdapat segerombolan peserta yang berdandan menyerupai “Tuyul” sambil menghambur-hamburkan uang palsu. Hal ini merupakan salah satu bentuk keprihatinan mereka terhadap melemahnya nilai tukar Rupiah terhadap Dolar. Serta sifat tokoh Tuyul yang suka mencuri uang yang kemudian disamakan dengan sikap para koruptor yang mencuri uang rakyat.

Selain kostum peserta karnaval yang unik, tidak ketinggalan sepeda dan becak hias turut serta meramaikan karnaval kemerdekaan kali ini. Sepedah dan becak yang kebanyakan dikendarai dan ditumpangi anak-anak ini sengaja dihias sedemikian rupa agar terlihat lebih cantik dan juga unik.

Masyarakat Kota Malang khususnya warga Sawojajar nampak sangat antusias dengan adanya gelaran Karnaval Kemerdekaan yang sangat meriah dan diikuti oleh ribuan peserta. Anggi salah satu penonton mengaku sangat terhibur dengan adanya karnaval ini.
“Pakaian yang di gunakan peserta karnaval lucu dan unik-unik, sepedah dan becaknya hiasnya juga bagus,” jelasanya

MINGGU, 30 Agustus 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...