Siaga Level III, Warga Manado Harapkan Pemerintah Bagikan Masker

Puncak gunung Lokon

MANADO — Gunung Lokon yang meletus pada sabtu malam (29/08/2015) hingga saat ini masih berstatus Siaga Level III. Aktitiftas Gunung Lokon masih tinggi sehingga warga dihimbau harus tetap waspada saat keluar rumah.
Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon Farid Bina Ruskanda menegaskan, hingga saat ini aktifitas Gunung Lokon masih sangat tinggi, meski abu vulkanik sudah berkurang, namun intensitas gempa masih cukup tinggi.

Farid menjelaskan, sejak pagi hingga siang ini, gempa Gunung Lokon masih didominasi oleh gempa-gempa vulkanik dalam dan dangkal, yang bekisar 5 hingga 10 kali gempa, dan gempa itu bisa di amati melalui sesmograf yang berada di pos pemantau, sehingga warga dihimbau tetap waspada, dan tidak mendekati Gunung Lokon pada radius 2,5 kilo meter, namun diluar itu, tetap bisa melakukan aktifitas seperti biasa.

Sementara itu, sejumlah warga mengeluhkan lambatnya kinerja Pemerintah setempat yang hingga kini belum membagikan masker kepada warga di Manado yang terkena erupsi Gunung Lokon. Harusnya Pemerintah segera membagikan masker saat erupsi Gunung Lokon, karena kalau tidak, warga bisa terserang penyakit saluran pernapasan. Seperti yang diungkapkan Angel Lumenta warga yang ditemui di perumahan Citra Land Manado.
Gunung Lokon di Tomohon terakhir meletus pada 20 Mei 2015, dan saat itu status Gunung Lokon terus meningkat hingga menyebabkan erupsi pada sabtu malam. 

Petani membersihkan cengkehnya dari abu vulkanik


MINGGU, 30 Agustus 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...