Sistem e-money Belum Maksimal di Lenggang Jakarta


MEGAPOLITAN—Tanggal 22 Mei 2015 diresmikan Kawasan Lenggang Jakarta di sisi selatan Monas yang berisi 339 Pedagang Kaki Lima dengan berbagai jenis dagangan baik makanan, minuman, maupun pakaian.
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok meresmikan Lenggang Jakarta setelah menunggu proses penertiban PKL sekaligus pembangunan wilayah tersebut selama 1,5 thn.
Hal itu tampaknya tidak sia-sia dilakukan Ahok, karena saat ini Ibukota memiliki kawasan bersantai  yang bersih, tertib, aman, dan nyaman. Mereka yang datang kesana bisa menikmati berbagai macam kuliner, buah tangan berupa pakaian dengan tema Monas. 
Debby, seorang penikmat jus buah mengatakan ia merasa nyaman berkumpul bersama teman-temannya di kawasan Lenggang Jakarta.
“harga terjangkau, suasana nyaman, banyak pilihan makanan, dan tempatnya bersih. Jika bisa dijaga terus seperti ini pasti bakal semakin ramai kedepannya,” urai Debby.
Namun satu hal yang harus menjadi perhatian adalah, transaksi pembayaran e-money yang bekerjasama dengan Bank Mandiri ternyata belumlah maksimal. Michael, seorang pengunjung masih membayar tunai kepada penjual nasi goreng di salah satu kios kuliner.
“saya ada Kartu Mandiri, tapi memang pedagangnya yang menawarkan bayar tunai kepadanya lalu nanti dia yang akan membayar menggunakan system e-money Bank Mandiri miliknya sendiri,” jelas Michael.
Selain masalah pedagang yang menawarkan pembayaran tunai, ada juga kendala lain yaitu masyarakat belum sungguh-sungguh tahu cara menggunakannya. Seperti nampak pada mesin penyedia minuman dingin, masyarakat masih bingung bagaimana cara menggunakan mesin tersebut. Hal ini diakui pemandu yang ada di dua sisi mesin tersebut yang nampak kelelahan melayani pembeli.
Harapan semuanya, semoga kedepannya lebih ditata agar masyarakat lebih mengerti cara bertransaksi dengan e-money. Harus ada edukasi yang dilakukan pihak terkait bagi pembeli maupun pedagang sehingga sistem tersebut bisa berfungsi maksimal.

SELASA, 11 AGUSTUS 2015
Jurnalis : Miechell Kuagouw
Foto : Miechell Kuagouw
Editor : Gani Khair
Foto beberapa lokasi di Lenggang Jakarta yang berhasil diabadikan oleh Cendana News

Lihat juga...