Soekarwo: Sertifikasi Lulusan SMK Penting untuk Hadapi MEA

SURABAYA — Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyebutkan, sertifikasi tidak hanya mutlak untuk guru, tetapi juga penting bagi lulusan SMK maupun S1. Hal tersebut diperlukan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan berlangsung pada 2016.
“Swasta memerlukan kompetensi, standarisasi dan sertifikasi bagi para pekerjanya, sehingga sertifikasi mutlak diperlukan oleh lulusan SMK,”jelasnya saat ditemui di Dyandra, Senin (03/08/2015).
Menurut data yang dihimpun Badan Pusat Statistik, Jatim memiliki daya saing yang tinggi nomor dua setelah DKI. Daya saing tinggi ini meliputi produk-produknya yang berkualitas baik, prosesnya cepat dan pengirimannya murah ke konsumen.
“Untuk peningkatan mutu, oleh karena itu SMK harus bekerja sama dengan dinas pendidikan dan balai sertifikasi yang diakui dan benar-benar berkualitas,” Ujarnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Saiful Rachman menjelaskan, jika siswa SMK sudah disertifikasi diharapkan mampu bersaing dengan tenaga kerja yang lain serta mampu membuka usaha mandiri atau berwirausaha.
“Kalau sudah bersertifikasi harapannya siswa SMK bisa berwirausaha mandiri,” katanya.
Tentunya dengan produk yang ditawarkan harus berkualitas, SDM juga berkualitas agar mampu bersaing saat pasar bebas nanti terutama MEA.
SENIN, 03 Agustus 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...