Stasiun Jakarta Kota, Nyonya Tua yang Selalu Mempesona

JAKARTA — Berada di Jalan Stasiun Kota No.1 Kelurahan Pinangsia, kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat, Stasiun Jakarta Kota menyimpan nilai historis tinggi bahkan sudah berstatus cagar budaya.
Dibangun oleh Pemerintah Kolonial Hindia-Belanda tahun 1870 dengan nama Batavia Zuid, stasiun ini menghubungkan berbagai perjalanan baik angkutan militer, barang, maupun orang sipil ke daerah-daerah seperti : Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs Van Java (Bandung), Karavam (Karawang), serta berbagai daerah lainnya diluar Batavia (Jakarta) atau sekitar pinggiran Batavia.
Stasiun Jakarta Kota merupakan stasiun terbesar yang di miliki Republik Indonesia. Namun bagai seorang Nyonya tua di tengah kota, Stasiun Jakarta Kota terus berbenah mempersolek diri dengan tujuan memberikan pelayanan publik terbaik bagi seluruh masyarakat.
Bangunannya yang merupakan peninggalan Belanda dipadukan dengan berbagai franchise makanan dan minuman modern bagai merubah wajah si nyonya tua menjadi mempesona dan tidak terlupakan bagi seluruh warga Jakarta.
Herminia, warga manggarai, seorang karyawati di daerah pejagalan Pasar Pagi mengatakan ia memilih naik kereta api tujuan Jakarta Kota dibanding menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi miliknya dengan alasan berbeda.
“Saya seperti berada di jaman perjuangan kemerdekaan jika melihat Stasiun Jakarta Kota. Bahkan ketika keluar dari sinipun sensasi itu tetap ada, karena hanya 500 meter dari sini kita bisa menemukan wilayah Taman Fatahillah di wilayah kota tua,” jelas Ibu beranak dua ini kepada Cendana News di stasiun, Rabu (12/08/2015).
Selain itu, di stasiun Jakarta Kota juga disediakan fasilitas pendukung seperti kursi roda serta beberapa alat bantu lainnya bagi warga berkebutuhan khusus serta berbagai pelayanan publik lainnya tampak terawat rapih walaupun lalu lintas di stasiun ini setiap harinya mencapai ribuan orang.
Randy, seorang mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di bilangan Cikini mengatakan profesionalisme pelayanan publik tampak bertambah baik seiring bergulirnya waktu.
Tidak dapat dipungkiri, Stasiun Jakarta Kota telah memberikan sesuatu yang sangat berarti bagi Jakarta dan Indonesia. Dengan kesederhanaan tempat yang menjaga orisinalitas Sejarah, stasiun ini terus berbenah mempercantik diri dengan memberikan pelayanan publik terbaik dalam jasa angkutan kereta api sipil.
Ada sebuah filosofi Yunani kuno yang berkata : ‘ kesederhanaan adalah jalan terpendek menuju kecantikan alami ‘ dan Stasiun Jakarta Kota telah membuat filosofi tersebut seakan menjadi nyata.

RABU, 12 Agustus 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...