Tahun ini, Permintaan Hewan Kurban Diperkirakan Naik 10 Persen

BALIKPAPAN — Satu bulan jelang hari raya kurban pada bulan September, Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Balikpapan tengah mempersiapkan kebutuhan hewan kurban masyarakat Balikpapan.
Kepala DPKP Balikpapan, Yosmianto memperkirakan, kebutuhan hewan kurban tahun ini akan naik sekitar 10 persen dari tahun lalu.

“Tahun lalu sekitar 3000 hewan Sapi dan 2000 kambing. Tahun mungkin naik sekitar 10 persen,” katanya, Sabtu (22/8/2015).

Disebutkan, untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban tersebut, pihaknya mendatang dari luar Balikpapan seperti dari Sulawesi. Karena Balikpapan hanya mampu memenuhi sekitar 1000 hewan sapi. Sedangkan untuk kambing hanya mampu memenuhi sekitar 200-300 ekor kambing sisanya dari luar.
Sementara untuk kesehatan hewan, DPKP bersama timnya akan turun untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Yos menjelaskan hewan yang sudah dinyatakan sehat akan diberikan stiker dan boleh dijual oleh pedagang.

“Nanti hewan yang sudah diperiksa kesehatan akan diberikan tanda stiker dari DPKP,” ujar Yos begitu biasa disapa.

Sedangkan untuk lokasi penjualan hewan kurban akan ditentukan oleh pemerintah karena untuk menjual hewan kurban juga harus melihat lokasinya agar tidak ada komplain dari warga sekitar dan tidak di pusat kota.

“Ada sekitar 20 lokasi tempat penjualan hewan kurban. Dan yang jelas tidak boleh berjualan di jalan Protokol Balikpapan,” tambahnya.

SABTU, 22 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...