Tekan Pelecehan Seksual, Transjakarta akan Buka Armada Khusus Wanita

JAKARTA — PT Transjakarta berencana mengadakan bus khusus wanita untuk mengurangi terjadinya pelecehan seksual yang sering terjadi. Hal tersebut disampaikan Direktur Utama PT TransJakarta menindaklanjuti keluhan penumpang, terutama dari kaum hawa.
“Kami akan mengupayakan ada armada bus khusus wanita, nanti usai mengadakan jumlah bus yang cukup untuk memenuhi kebutuhan penumpang,” ujarnya di Jakarta, Senin (03/08/2015).
Menurutnya, Pengadaan bus khusus perempuan sudah dipikirkan sejak lama, apalagi belakangan ini pelecehan seksual dalam angkutan umum sering terjadi. kendati demikian pengadaan bus khusus perempuan masih akan selalu diupayakan.
Ia juga menghimbau untuk penumpang mematuhi peraturan yang dibuat Transjakarta dengan begitu kejahatan asusila akan lebih diperkecil ruang geraknya. Dimana didalam Bus Transjakarta telah ditetapkan bagian depan untuk wanita dan di belakang untuk pria.
“Iya, para penumpang mestinya mematuhi peraturan kami, dimana kami memisahkan antara penumpang wanita dan penumpang priademi keamanan dan kenyamanan bersama serta menjaga hal hal yg tidak diinginkan” ucapnya.
Sementara untuk pelecehan seksual yang terjadi di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) Jakarta Selatan, Kosasih mengatakan pihaknya akan membahas kasus ini dan membentuk MoU bersama Polda Metro Jaya.
“Kami juga akan membahas khusus hal ini dalam MoU yang akan kami tanda tangani bersama Polda Metro Jaya. Intinya, kami akan tempuh upaya-upaya terbaik demi keamanan dan kenyamanan penumpang,”tutupnya.
SENIN, 03 Agustus 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...