Terkait Insiden Tolikara, Polda Papua Kirim Proyektil ke Makassar

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Patrige Renwarin
JAYAPURA—Kepolisian Daerah (Polda) Papua telah mengirim satu proyektil peluru ke Makassar, Sulawesi Selatan untuk dilakukan uji balistik di Laboratorium Forensik (Labfor), guna mengetahui jenis peluru dan kepemilikan peluru yang bersarang di tubuh salah satu korban penembakan, saat insiden terjadi Karubaga, Kabupaten Tolikara, 17 Juli lalu.
“Proyektil berukuran besar itu sudah kami kirim ke Pusbalfor Makassar satu minggu lalu. Tujuannya untuk mencocokkan dengan selongsong yang ada,” kata Juru Bicara Polda Papua, Kombes Pol Patrige Renwarin, Selasa (04/08/2015).
Setelah dilakukan pencocokan di Lapfor Makassar, lanjut Patrige, pihaknya akan telusuri siapa pemegang senjata saat insiden di Karubaga, Kabupaten Tolikara tersebut. Sementara untuk pemeriksaan anggota Polri yang diduga terlibat dalam kasus penembakan terhadap warga hingga mengakibatkan 1 orang  meninggal dunia dan 11 orang luka-luka, kini masih dilakukan pemeriksaan oleh Penyidik Propam Polda Papua.
“Sejak peristiwa di Tolikara hingga saat ini telah  memeriksa sebanyak 24 anggota Polri baik anggota Polres Tolikara  maupun anggota Brimob yang saat itu ikut melakukan pengamanan di lapangan,” dikatakan Patrige.
Walaupun demikian, dikatakan Patrige, tim penyidik Propam terus lakukan pemeriksaan  baik terhadap anggota maupun terhadap masyarakat.
“Pemeriksaan terhadap keduanya berjalan tersebut.  Kami sudah tetapkan tersangka pasca penyerangan itu yakni, AK dan YW dan kini masih terus dilakukan pemeriksaan,” ujarnya.
SELASA, 4 Agustus 2015
Jurnalis : Indrayadi T. Hatta
Foto : Indrayadi T. Hatta
Editor : Gani Khair
Lihat juga...