Tiap Tahun 2000 Calon Pelanggan Masuk Daftar Tunggu PDAM

Pengerjaan sambungan Pipa PDAM di Balikpapan di Kawasan Balikpapan Utara
BALIKPAPAN — Pertumbuhan pembangunan dan terbatasnya sumber air memaksa ribuan sambungan baru setiap tahunnya harus masuk dalam daftar tunggu calon pelanggan PDAM Balikpapan. 
“Ada sekitar 2000 pelanggan setiap tahunnya masuk dalam daftar tunggu. Pertumbuhannya cukup tinggi seiring bertambahnya pemukiman baru,” kata Dirut PDAM Haidir Effendi, Minggu (2/8/2015).
Ia menjelaskan tingginya daftar tunggu ini karena masih terbatasnya sumber air baku yang selama ini 80 persen mengandalkan waduk manggar. Dimana setiap tahunnya ada 4000-5000 pelanggan yang mengajukan pemasangan sambungan pipa air PDAM. Dari pengajuan tersebut baru direalisasikan sekitar 60 persen. 
“Sekitar 60 persen yang kita baru baru bisa realisasikan. Selebihnya masih harus menunggu,” tandasnya.
Tahun ini PDAM menargetkan pemasangan sambungan pipa sebanyak 4000 dan pertengahan tahun ini sudah mencapai 1900 sambungan baru.
Dia menyebutkan pemasangan pipa ini sangat dipengaruhi persayaratan teknis baik menyangkut pipa induk, tekanan air, dan kondisi geografis wilayah. Termasuk ketersedian sumber air dan listrik.
“Kalau syarat teknis masuk biasanya kita penuhi segera,” sambung Haidir.
Diketahui untuk pemasangan baru ini, calon pelanggan dikenai biaya RP2,4 juta persambungan. Sedagnkan investasi persambungan pipa, PDAM mengeluarkan kocek Rp9 juta. 
“ selisihnya PDAM yang membiayai,” tambahnya.
Haidir menambahkan penambahan pelanggan baru setiap tahun dilakukan PDAM. Nama ia belum bisa menyebutkan persentase pertumbuhan pelanggan tiap tahunnya. 
MINGGU, 02 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...