Tiga Pasangan Calon Siap Bertarung di Pilwali Balikpapan

BALIKPAPAN — KPU Balikpapan resmi menetapkan tiga pasangan bakal calon wali Kota dan wakil walikota Balikpapan, yang akan bertarung dalam pemilihan walikota (Pilwali) Balikpapan pada 9 Desember 2015. Penetapan tersebut dituangkan melalui berita acara dan dipublikasi melalui pengumuman KPU Balikpapan Nomor: 86// KPU-BPP/021.436208/2015 dengan tiga pasangan calon, yakni Rizal Effendi-Rahmad Mas’ud, Heru Bambang-Sirajuddin Machmud, Andi Burhanuddin Solong-Abdul Hakim Rauf. 
Ketua KPU Balikpapan, Noor Thoha menjelaskan adanya penetapan calon Pilwali ini peraturan yang ditetapkan KPU masa kampanye Pilwali Balikpapan akan segera dimulai setelah penetapan calon selesai. Selanjutnya tahapan proses Pilkada terus berjalan dan besok (26/8) pasangan calon dijadwalkan mengambil nomor di KPU Balikpapan.

“Selanjutnya proses tahapan Pilkada terus berjalan dan besok dijadwalkan akan pasangan calon akan mengambil nomor untuk bertarung dalam Pilkada,” ungkapnya, Selasa (25/8/2015).

Sedangkan dua pasangan bakal calon yang mendaftar melalui perseorangan dinyatakan tidak lolos karena belum memenuhi dukungan suara. “Yang dilakukan KPU kota sudah sesuai dengan aturan dan dukungan suara yang diserahkan oleh balon perseorangan juga sudah diverifikasi,”sambung Komisioner KPU Balikpapan Sunawiyanto. 
Ia menerangkan, KPU telah menjalankan yang sebenarnya dan ini sudah sesuai dengan provinsi maupun pusat. Untuk itu, pihaknya berpatok pada angka-angka dalam melakukan verifikasi terhadap calon independen. Apabila ada keberatan dari pasangan terkait hasil pleno, ia mempersilahkan untuk melakukan Judicial revisi maupun ke PTUN. 
Sunawiyanto menegaskan dalam pelaksanaan Pilkada KPU hanya hanya menjalankan peraturan dan tidak dapat mengubah keputusan maupun peraturan yang ada. 
SELASA, 25 Agustus 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...