Tinju Profesional, Geisler AP Menang TKO atas Roy Tua Manihuruk

JAYAPURA — Geisler AP berikan tontonan menarik kepada masyarakat Papua, khususnya Kota Jayapura pecinta tinju, dalam laga tinju profesional Internasional Asia Pasifik yang berlangsung di Gedung Olah Raga (GOR) Waringin Ibukota Provinsi Papua, Sabtu hingga Minggu (30/08/2015) dini hari.
Petinju asal Papua, Geisler AP dari sasana Knembai Umbay Boxing Camp Kabupaten Jayapura yang telah merasakan bertanding di luar negeri, seperti Jepang, China, Makao, Philipina, Thailand, Vanimo (PNG) dan Wewat, tak henti-hentinya mengucap syukur atas kemenangan yang ia raih dihadapan masyarakat Papua, khusunya yang berada di Kota Jayapura.
“Saya mengalami kekalahan berulang kali di luar negeri, tetapi waktu di Vanimo dan Wewat, saya menang TKO atas lawan saya. Tetapi, main ke Jepang, Philipina, China dan thailand saya KO berutur-turut,” kata Geisler usai mengalahkan Roy pada ronde ke 9, Minggu (29/08/2015) dini hari.
Di Indonesia ini, dirinya mengklaim, belum pernah terkalahkan bertarung dalam kelas ringan 63,5 Kg dan 61,2 Kg. Dari catatan rekor kemenangannya itu, hanya sekali ia menerima kekalahan, saat bertanding di Bali.
“Di Bali memang persiapan saya sangat minim, karena saya baru kembali dari Philipina, itupun saya main bukan di kelas saya, melainkan saya main di kelas 66,6 kilogram, kelas walter,” katanya.
Geisler AP klaim berkeinginan bermain di ring Las Vegas, Amerika Serikat. Dirinya sangat yakin dapat menggantikan petinju profesional tingkat Nasional saat ini seperti Muhammad Rahman dan Chris John.
“Saya ingin tunjukkan kepada masyarakat Papua bahwa saya yakin dapat menyamai dan menggantikan Muhammad Rahman serta Chris John di tinju profesional tingkat Nasional,” tuturnya.
Dalam pertandingan Internasional Asia Pasifik yang berlangsung di GOR Waringin, Kota Jayapura, minggu dini hari. Saat wasit pertandingan, Syamsudin memulai pertarungan antara Geisler AP dan Roy Tua Manihuruk. Kedua petinju langsung saling serang gunakan pukulan hook, upper cut dan sreet kiri maupun kanan, yang terus menerus setiap rondenya.
Masuk pada ronde ke-sembilan, Petinju dari Knambai BC Umbai, Kabupaten Jayapura, Geisler AP, mendapatkan keuntungan dari kesabarannya setiap ronde yang ia dapat dari serangan serta pertahanan lawannya Roy Tua Manihuruk yang merupakan juara Nasional dan memiliki pertahanan serta mental tinju yang tinngi. 
Gaya bertinju Fighter Geisler AP mampu mematahkan gaya bertinju otordok Roy Tua Manihuruk. Saat, jab kiri dan hook kanan gesler yang keras mendarat dimuka dari Roy, membuat pria kelahiran Bengkulu itu kewalahan.
Kesempatan inilah, dimanfaatkan Geisler AP melayangkan pukulan-pukulan yang bertenanga ke Roy, hingga lawannya pun tidak mampu membalas lagi, membuat wasit Drs.Syamsudin menghentikan pertandingan di ronde ke-sembilan. Kemenangan yang diraih ini, membuat Geisler AP  berhak atas sabuk emas dari Gubernur Provinsi Papua.
“Kemangan ini juga untuk memberikan motivasi bagi anak-anak muda Papua, untuk tidak terlibat dalam hal-hal negatif seperti miras dan narkoba. Mari kita berkiparah di dunia tinju secara profesional, dan dimulai dari Papua,” pesan Geisler kepada pemuda-pemudi di Tanah Papua.

MINGGU, 30 Agustus 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...