UMengajar Buka Peluang Mahasiswa Jadi Pengajar Muda

MALANG — Untuk kesekian kalinya, UMengajar melakukan open recruitment untuk mencari pengajar muda yang ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan. Menurut Nur Anisa Widia Iswara selaku ketua pelaksana menjelaskan, open recruitment ini sudah dilakuan untuk kali ketiga. Dimana open recruitment yang pertama dilakukan pada tahun 2014, dari 150 mahasiswa yang mendaftar untuk menjadi volunteer, terjaring hanya sebanyak 52 orang yang lolos seleksi, sedangkan pada open recruitment yang kedua dari sekitar 160 orang yang mendaftar terjaring 48 orang yang lolos seleksi dan untuk open recruitment yang ketiga kali ini juga akan diambil sebanyak 48 volunteer.
Anisa menjelaskan, bahwa ada beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh para calon pengajar muda diantaranya yaitu merupakan mahasiswa aktif UM angkatan 2013 sampai 2015, berkomitmen dan bertanggung jawab, dapat bekerjasama dalam tim dan bersedia ditempatkan di daerah terpencil. Pendaftaran administrasi dilakukan secara online mulai tanggal 18-30 Agustus 2015, dan pengumuman peserta yang lolos administrasi akan diumumkan pada tanggal 6 September 2015.
Namun begitu, peserta yang lolos administrasi tidak serta merta langsung menjadi pengajar muda, karena masih akan ada beberapa tes lagi seperti tes wawancara dan mikro teaching sebelum didapatkan 48 volunteer pengajar muda. Tujuan dari diadakannya tes ini adalah untuk melihat kemampuan para calon pengajar muda dalam mengkondisikan suatu kelas dan kemampuan mereka menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan bagi anak-anak.
Dari 48 volunteer yang terpilih akan dibagi menjadi beberapa tim dan setiap kelas nantinya akan diisi oleh dua orang pengajar muda. Gerakan UMengajar akan dimulai pada pertengahan bulan Oktober 2015 setiap hari Sabtu selama kurang lebih enam minggu.
Sejak open recruitment mulai dibuka tanggal 18 Agustus 2015 hingga sekarang, baru ada lima orang yang mendaftar untuk menjadi pengajar muda. Meskipun demikian, Anisa tidak pesimis karena menurutnya berdasarkan pengalaman sebelumnya, awal-awal pembukaan pendaftaran memang sedikit yang mendaftar.

“tapi sekitar tiga hari menjelang penutupan pendaftaran, baru banyak mahasiswa UM yang mendaftar,” jelasnya.


SENIN, 24 Agustus 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...