Universitas Bung Hatta – Gifu University Lakukan Student Exchange

PADANG –– Tindak lanjut memorandum of understanding (MoU) antara Universitas Bung Hatta dengan Gifu University, Jepang dalam kegiatan The 1st International Joint Meeting of Global Enviromental and Energy Course (GU-GLEE) pada 17-18 Desember 2014 lalu, kedua institusi ini melakukan kegiatan Student Exchange dan Faculty Exchange.
Hal tersebut tertuang dalam Memorandum of Agreement (MoA) yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA dan Executive Director Vice President Internasional Affairs and Public Relations Gifu University Dr. Fumiaki Suzuki, Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT Perwakilan Fakultas Teknologi Industri dan Dr. Keitestu Rokugo Dekan Fakultas Teknik Gifu University.
Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Niki Lukviarman, SE, Akt, MBA, CA menyampaikan, kerjasama ini ditujukan untuk fakultas teknik dengan beberapa kegiatan, diantaranya program pertukaran mahasiswa dan promosi pengenalan program studi yang terdapat di fakultas kedua perguruan tinggi ini. Kemudian riset bersama hingga mengadakan kerjasama kegiatan dalam mempublikasikan hasil penelitian hingga kunjungan.
Dikatakan, dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan kualitas mahasiswa dan dosen hingga memberi kesempatan untuk alumni melanjutkan pendidikan magister hingga doktor di Gifu Gifu University. 
“Hal tersebut sesuai dengan visi Universitas Bung Hatta, menjadi perguruan tinggi unggul dan bermartabat menuju universitas berkelas dunia,” ujarnya.
Sementara itu Dr. Eng Reni Desmiarti, ST, MT Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta mengatakan, sebelum adanya kerjasama ini Universitas Bung Hatta melalui Jurusan Teknik Kimia telah melaksanakan kerjasama dengan mengirimkan satu orang alumninya untuk melanjutkan pendidikan S2 melalui program Basin Water Environmental Leader (BWEL) di Gifu University dan dengan kerjasama baru ini sekarang ditingkatkan lebih luas lagi untuk Fakultas Teknik.
“Sejak tahun 2010 hingga saat ini terdapat 5 orang alumni Jurusan Teknik Kimia Universitas Bung Hatta yang sedang mengikuti program magister dan doktoral di Universitas Gifu Jepang, dan yang pada bulan Sepetember 2015 mendatang akan dikirim lagi satu alumni, yaitu Erda Rahmilaila Desfitri,” ujar Eng Reni Desmiarti menjelaskan.
Ditambakan, sebagai tidak lanjut dari kerjasama ini, seorang mahasiswa Gifu University Morishita Youji akan datang ke Universitas Bung Hatta untuk melakukan program Student Exchange selama 3 minggu pada bulan September 2015, sedangkan dari Universitas Bung Hatta akan mengirimkan Yusuf Rashidin mahasiswa Jurusan Teknik Kimia ke Gifu University selama 1 bulan pada Desember 2015.
SENIN, 10 Agustus 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...