Volume Sampah Bertambah, Petugas Kebersihan Mengaku Kewalahan

MATARAM – Tingginya volume sampah yang menggenangi sungai di bantaran kali Karang Kelok, Kota Mataram membuat belasan petugas kebersihan harus bergumul dengan tumpukan genangan sampah sampai berjam-jam lamanya, dari pagi hingga siang.
“Tumpukan sampah yang menggenangi bantaran kali Karang Kelok hampir setiap harinya selalu banyak, bahkan volumenya cendrung semakin bertambah, sehingga cukup melelahkan untuk dibersihkan dan dikumpulkan menjadi satu untuk diangkut petugas kebersihan lain,” kata Heri petugas kebersihan asal Monjok Kota Mataram, Kamis (13/8/2015).
Padala kata Heri, bantaran kali Karang Kelok hampir setiap harinya dia bersihkan bersama belasan petugas kebersihan lain, namun tetap saja volume sampah yang menggenangi kali banyak, apalagi sampai tidak dibersihkan, kali Karang Kelok bisa penuh dengan sampah.
Aziz, petugas kebersihan lain juga mengeluhkan banyaknya volume sampah yang menggenangi kali Karang Kelok yang kerap membuat dirinya bersama petugas kebersihan lain cukup kelelahan, jumlah petugas kebersihan yang menangani kebersihan kali juga jadi salu penyebab penanganan sampah menjadi lamban.
“Butuh tambahan petugas kebersihan untuk membantu menangani kebersihan kali Karang Kelok dari genangan sampah sekarang, karena kalau mengandalkan tenaga kebersihan yang ada masih sangat kurang,”sebutnya.
Lebih lanjut Aziz mengatakan, kalau mau jujur juga, beratnya beban kerja yang kita pikul dengan membersihkan kali dari genangan sampah setiap harinya, masih belum sebanding dengan upah yang diterima, di mana kita hanya tenaga kontrak yang setiap harinya, dari pagi sampai siang, dibayar hanya 50 ribu.
KAMIS, 13 Agustus 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...