Warga Desa Kelawi Lakukan PAW Kepala Desa Secara Demokratis

LAMPUNG — Pemilihan kepala desa (Pilkades) yang sudah dilakukan secara serentak di Lampung Selatan beberapa waktu lalu telah menetapkan beberapa kepala desa. Namun pemilihan di Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni terpaksa dilakukan kembali karena kepala desa yang sudah menduduki masa jabatan selama setahun dan menyisakan waktu sekitar 4 tahun ke depan meninggal dunia.
Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Kelawi, Warsa mengungkapkan, untuk mencari kepala desa  Pergantian Antar Waktu (PAW), pihaknya membentuk panitia pemilihan.

“Kami membentuk panitia pemilihan dan secara demokratis sebanyak 91 warga yang memiliki hak pilih hadir untuk memberikan suaranya pada pemilihan kepala desa di balai desa Kelawi,”ungkap Warsa kepada media Cendananews.com Kamis (27/8/2015).
Warsa mengungkapkan sebanyak 91 pemilih tersebut juga didalamnya terdapat tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama. Sebanyak 90 pemilih akhirnya bisa melakukan pemilih sedangkan 1 orang tidak bisa memilih karena sedang menjalani perawatan di rumah sakit.
Penghitungan suara yang dijaga ketat aparat dari Polsek Penengahan, Koramil Penengahan serta dihadiri oleh Badan Pemberdayaan Desa Kabupaten Lampung Selatan tersebut berlangsung tertib di kantor kepala desa setempat. Warga yang memiliki hak pilih harus memilih tiga kandidat diantaranya Syarifudin dengan nomor urut 1, Tukimin nomor urut 2 dan Bahktiar dengan nomor urut 3.
Setelah dilakukan penghitungan suara dari tiga kandidat PAW kepala desa tersebut tercatat nomor urut 1 Syarifudin memperoleh sebanyak 38 suara,nomor urut 2 Tukimin memperoleh sebanyak 23 suara, nomor urut 3 Bahtiar memperoleh suara 29.
Sebagai kepala BPD Desa Kelawi, Warsa menyebutkan, pejabat kepala desa PAW yang baru diharapkan bisa memajukan Desa Kelawi. Desa yang memiliki luas sekitar 4.199,5 hektar tersebut merupakan desa strategis yang berada di wilayah Kecamatan Bakauheni. Memiliki penduduk sekitar 5.000 jiwa lebih menjadikan Desa Kelawi merupakan desa yang cukup penting dari 4 desa yang dimiliki Kecamatan Bakauheni.
Kepala desa PAW terpilih, Syarifudin mengungkapkan, akan menjaga amanah yang telah diberikan kepadanya, terutama Desa Kelawi memiliki potensi pantai, potensi perbukitan serat berada di ujung Pulau Sumatera yang sangat penting.
“Banyak daerah yang akan terkena imbas jalan tol sehingga Desa Kelawi akan mejadi salah satu daerah untuk bergeser penduduk yang tergusur karena jalan tol tersebut sehingga kami harus melakukan persiapan dalam segala hal,”ungkap Syarifudin.
Desa yang di tahun 2013 memiliki pendapatan sekitar 285 juta baik dari masyarakat, dari Pemkab Lampung Selatan, Provinsi Lampung dan sumber sumber lain tersebut memiliki potensi alam serta sebagian besar warganya hidup sebagai petani, nelayan dan sebagian wiraswasta dan PNS.
Bahkan secara strategis, direncanakan Desa Kelawi merupakan lokasi dibangunnya Gerbang Tol Sumatera yang saat ini sedang terus dikerjakan untuk menghubungkan Bakauheni hingga ke Terbanggi Besar sampai Palembang Sumatera Selatan.


KAMIS, 27 Agustus 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...